TikTok Jadi Sarana Melihat dari Balik Layar Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 04/08/2021, 17:33 WIB
Ilustrasi atlet Olimpiade Tokyo 2020 yang menjadi bintang TikTok. Insider.comIlustrasi atlet Olimpiade Tokyo 2020 yang menjadi bintang TikTok.

KOMPAS.com - Lomba olahraga multicabang bergengsi dunia, Olimpiade Tokyo 2020 telah bergulir sejak 23 Juli lalu, hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Penggemar pun berbondong-bondong memberikan dukungan kepada atlet/tim nasional favorit mereka saat bertanding di lapangan. Misalnya dengan melakukan nonton bareng hingga memberikan dukungan moriil di media sosial.

Namun, ada satu yang menarik dalam gelaran lomba olahraga empat tahunan itu kali ini, yaitu demam TikTok. Media sosial garapan ByteDance ini boleh dibilang telah memberikan warna tersendiri dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020 kali ini.

Baca juga: Instagram Reels Bisa Video 60 Detik, Makin Mirip TikTok

Pasalnya, sejumlah altet yang berlaga di Tokyo 2020 kerap membagikan kesehariannya melalui video di TikTok, saat berada di Olympic Village, wisma tempat 11.000 atlet dari seluruh dunia menetap selama di Tokyo.

Alhasil, penggemar pun bisa mengetahui sisi lain dari para atlet di luar lapangan. Ini menjadi hal baru dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020, sekaligus memberikan pengalaman baru bagi penggemar untuk menonton keseruan di balik layar, para atlet selama mengikuti ajang olahraga bergengsi ini.

Mengingat saat Olimpiade Rio 2016 lalu, TikTok belum lahir dan sepopuler saat ini. Sedangkan pada 2018, IOC mengatur dengan tegas penggunaan media sosial. Kini di Tokyo 2020, panitia membolehkan atlet, ofisial, dsb. membagikan konten non-komersil di media sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atlet-atlet TikTok pun seolah menjadi bintang TikTok dadakan, mendapat banyak pengikut baru dalam waktu sekejap. Postingan-postingan mereka pun banyak disukai dan sering dijumpai di halaman utama TikTok.

TikTok bukan menjadi satu-satunya media bagi atlet untuk membagikan konten. Sejumlah atlet juga menggunakan platform lama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, untuk mengekspresikan diri.

Pamer medali hingga ponsel edisi khusus

Dari 11.000 atlet yang ada, ada beberapa nama yang populer di TikTok. Misalnya, atlet selam Australia, Sam Fricker. Ia pun terbilang sangat aktif membuat video di TikTok, terkait kesehariannya di Olympic Village.

Baca juga: Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Dapat Ponsel Samsung Galaxy S21 Edisi Khusus

Mulai dari bersepeda mengelilingi wisma, pamer kasur berbahan kardus di dalam kamarnya, latihan menyelam, hingga menunjukkan makanan favoritnya selama di Olympic Village.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.