Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Layar Xiaomi Mi Mix 4 dengan Kamera Depan Tersembunyi?

Kompas.com - 05/08/2021, 10:19 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah absen selama tiga tahun, Xiaomi akhirnya akan memperkenalkan ponsel penerus Mi Mix 3, yaitu Mi Mix 4 pada 10 Agustus mendatang.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Xiaomi, melalui sebuah poster yang diunggah di media sosial Weibo, baru-baru ini. Sayangnya, poster tersebut tidak turut memberikan bocoran tampang dari ponsel anyar dari lini Mi Mix itu.

Tak berselang lama setelah pengumuman jadwal peluncuran Mi Mix 4, pembocor kenamaan Digital Chat Station memposting sebuah video yang memperlihatkan panel layar yang disebut akan diusung Mi Mix 4.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix 4 Meluncur 10 Agustus?

Panel layar itu terlihat menggunakan teknologi under screen camera (USC), alias lubang kamera depan yang berada di bawah permukaan layar.

Memang menurut rumor, Mi Mix 4 ini akan menggunakan teknologi USC, sehingga tampilan layar ponsel dapat dimaksimalkan, tanpa harus terganggu oleh poni/notch atau punch-hole.

"Biar saya tunjukkan layar dari Mi Mix 4, dengan teknologi CUP fleksibel baru," tulis Digital Chat Station di Weibo.

Dalam video tersebut, panel layar yang diyakini milik Mi Mix 4 sepintas terlihat tidak memiliki lubang/notch saat layar aktif digunakan atau menampilkan gambar.

Namun saat layar mati, terlihat aksen lingkaran di bagian tengah atas layar, di situlah letak kamera selfie berada.

Baca juga: Oppo Sempurnakan Teknologi Kamera Selfie Bawah Layar

"Hampir tidak ada perbedaan antara area di bawah layar dan layar utamanya. Ponsel ini memiliki layar yang benar-benar penuh (full screen) dengan akurasi piksel 100 persen," imbuh Digital Chat Station.

Bila benar Mi Mix 4 akan mengusung kamera selfie bawah layar, ini menjadikan Xiaomi vendor kedua yang menggunakan teknologi tersebut. Mengingat, ZTE menjadi pabrikan pertama yang merilis ponsel dengan kamera bawah layar, lewat seri Axon 20 5G pada 2020 lalu.

Bocoran spesifikasi

Berdasarkan dokumen listis di situs Badan Regulasi Telekomunikasi China (TENAA), Mi Mix 4 yang diyakini memiliki nomor model 2106118C akan hadir dengan dua opsi RAM 8/12 dan penyimpanan internal hingga 256 GB.

Baca juga: 5 Vendor Ini Siapkan Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

Mengacu pada rumor-rumor sebelumnya, ponsel ini disinyalir akan memiliki layar seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar Mi Mix 4 itu disinyalir merupakan layar fleksibel hiperboloid, yang disebut-sebut lebih memanjakan mata dibandingkan layar lengkung empat sisi.

Poster peluncuran Xiaomi Mi Mix 4 di China.Xiaomi via GSMArena Poster peluncuran Xiaomi Mi Mix 4 di China.
Layar ponsel ini juga dijanjikan bakal hadir dengan dukungan refresh rate yang tinggi, namun, belum disebutkan berapa angkanya.

Ponsel ini disinyalir akan memiliki tiga kamera yang disusun dalam sebuah wadah berbentuk persegi berikut dengan modul LED Flash.

Ketiga kamera tersebut konon mencakup kamera utama 50 MP dengan sensor Samsung GN1, kamera ultra wide 48 MP, dan kamera telefoto 48 MP.

Lalu, ponsel ini juga akan hadir dengan chip Qualcomm Snapdragon 888, baterai 5.000 mAh, Fast Charging 120 Watt, serta dukungan fitur Wireless Charging.

Baca juga: Inilah ZTE Axon 20 5G, Smartphone Pertama dengan Kamera Depan di Dalam Layar

Xiaomi Mi Mix 4 juga diketahui akan menjalankan sistem operasi Android 11 berlapis tampilan antarmuka MIUI 12.5, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (5/8/2021).

Kendati demikian, benar atau tidaknya bocoran tampang dan spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4 ini masih harus menunggu waktu.

Sebab, berdasarkan informasi yang tertulis di dalam poster, acara peluncuran Mi Mix 4 akan disiarkan pada Selasa (10/8/2021) mulai pukul 19.30 malam waktu China, atau pukul 18.30 WIB. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com