5 Vendor Ini Siapkan Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

Kompas.com - 21/04/2021, 16:27 WIB
Ponsel dengan teknologi kamera bawah layar (Under-Display Camera) androidcentral.comPonsel dengan teknologi kamera bawah layar (Under-Display Camera)
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dari poni, modul kamera pop-up, hingga punch hole, upaya para vendor ponsel mengenyahkan kamera depan supaya tak mengganggun tampilan layar yang makin lebar bakal berlanjut ke under-display camera.

Seperti namanya, ini adalah teknologi yang menempatkan kamera depan di bawah layar sehingga tak terlihat oleh mata pengguna. Ponsel pertama dengan kamera bawah layar adalah ZTE Axon 20 5G keluaran 2020, yang belum disusul oleh smartphone lain.

Namun, keadaan tersebut agaknya bakal berubah pada tahun 2021 karena sederet smartphone yang memiliki under-display camera disinyalir akan mulai bermunculan. Kabar itu beredar dari leaker Ice Universe yang kerap memberikan bocoran akurat seputar dunia gadget.

Baca juga: Begini Hasil Foto dari Ponsel Pertama dengan Kamera di Dalam Layar

Melalui akun Twitter (@UniverseIce, ia mengungkapkan bahwa ada lima vendor ponsel, yakni Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan ZTE, yang akan memamerkan teknologi kamera di dalam layar buatannya pada paruh kedua 2021.

Rumor yang menyebutkan bahwa Galaxy Z Fold 3 bakal mengadopsi teknologi kamera bawah layar sebetulnya sudah sempat mencuat pada November 2020 lalu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Selasa (20/4/2021), President of ZTE Mobile, Ni Fei sebelumnya juga sempat mengonfirmasi bahwa pihaknya memang tengah mempersiapkan perangkat berikutnya yang dibekali kamera bawah layar.

Baca juga: Oppo Pamer Ponsel Pertama dengan Kamera Selfie di Bawah Layar

Sebelumnya, sejumlah vendor seperti Oppo dan Xiaomi juga sempat mengumbar wujud ponsel yang memiliki kemampuan kamera selfie di bawah layar.

Pada 2019 lalu misalnya, teknologi under-display camera ini dipamerkan oleh Oppo dalam sebuah video pendek.

Video tersebut disebar oleh akun resmi @Oppo di media sosial Twitter. Pada video yang diunggah Oppo itu, bisa dilihat bahwa ada sebuah smartphone yang bagian depannya tampak penuh oleh permukaan layar, tanpa adanya poni atau lubang kamera.

Pengguna yang mendemonstrasikan ponsel tersebut kemudian membuka aplikasi kamera dan menjepret satu sampel foto.

Ketika kamera depan digunakan dan menjepret foto, tak terlihat adanya kamera selfie yang muncul (metode pop-up), atau yang ditanamkan di dalam lubang layar. Hanya ada suara "shutter" yang terdengar ketika ponsel tersebut digunakan untuk menjepret swafoto.

Baca juga: Xiaomi Pamer Ponsel dengan Kamera Selfie di Dalam Layar

Halaman:


Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X