Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 12:04 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Emojipedia

KOMPAS.com - Penggunaan emoji untuk berkomunikasi di era teknologi bukanlah hal asing. Emoji kerap digunakan untuk melengkapi kalimat saat pengguna mengirim pesan, baik di media sosial maupun di aplikasi chatting.

Emoji pun memiliki makna dan filosofi yang sesuai dengan bentuk emoji itu sendiri. Salah satunya adalah emoji monyet menutup mata.

Lantas, tahukah Anda makna di balik emoji monyet menutup mata? Ternyata, emoji monyet menutup mata itu, dibuat bukan tanpa alasan.

Baca juga: Deretan Emoji Ini Sering Disalahartikan, Apa Makna Sebenarnya?

Menurut halaman Emojipedia, emoji monyet menutup mata merupakan salah satu perwujudan dari Three Wise Monkeys, yakni peribahasa kuno Jepang yang dilambangkan dengan tiga ekor monyet yang menutup mata, kuping, dan mulut.

patung tiga monyet bijaksana (Three wise monkeys).Wikimedia patung tiga monyet bijaksana (Three wise monkeys).

Ketiganya melambangkan, sees no evil, hears no evil, dan speaks no evil.

Dalam istilah bahasa Jepang (Mizaru), emoji monyet yang sedang menutup mata ini dijuluki dengan sebutan "See-No-Evil Monkey" alias tidak ingin melihat kejahatan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Emojipedia, Jumat (24/9/2021), emoji monyet menutup mata sudah menjadi bagian dari Unicode sejak tahun 2010. Kemudian, emoji ini kembali disempurnakan pada tahun 2015.

Penggunaan emoji monyet menutup mata dalam bahasa chatting

Di sisi lain, emoji monyet berwarna cokelat ini, kerap dimaknai sebagai ekspresi rasa malu, atau bisa juga rasa takut, sehingga ia menutup kedua matanya dengan tangan.

Dalam sebuah percakapan, terkadang emoji monyet menutup mata juga bisa digunakan apabila seseorang merasa tidak percaya diri dengan apa yang ingin ia bicarakan.

Baca juga: Arti 20 Emoji Hati yang Beda Warna dan Bentuk, Jangan Sampai Salah Kirim

Misalnya contoh kalimat berikut ini, "Maaf ya, besok aku gak jadi presentasi di depan kelas, karena takut gugup dilihat banyak orang (tambah emoji monyet menutup mata)".

Kemudian, emoji ini bisa juga mengekspresikan perasaan seseorang jika ingin mengirim gambar kepada teman melalui kolom chat.

Salah satu ilustrasinya seperti ini. Misalnya, ada pengguna WhatsApp bernama Mira yang ingin mengirim foto tulisan tangannya kepada Budi.

Lantas, Mira langsung membuka kolom chat pribadi untuk kemudian mengirim foto tersebut serta keterangan yang berbunyi "Tulisanku agak sedikit berantakan, mohon dimaklumi ya (tambah emoji monyet menutup mata).

Baca juga: WhatsApp Siapkan Emoji Reactions ala Facebook dan Instagram

Artinya, emoji monyet tersebut menandakan bahwa Mira merasa tidak percaya diri dengan foto yang menampilkan hasil tulisannya itu.

Nah, itu dia makna dari emoji monyet menutup mata. Kira-kira, seberapa sering kalian menggunakan emoji ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Emojipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com