Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Oppo A16 RAM 4 GB Hadir Belakangan di Indonesia

Kompas.com - 25/09/2021, 15:58 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat pertama kali diluncurkan pada Juli lalu, ponsel Oppo A16 hanya dijual dalam satu varian memori saja, yaitu RAM 3 GB dan penyimpanan media 32 GB seharga Rp 2 juta.

Berselang kurang lebih dua bulan, tepatnya pada 23 September, Oppo kembali merilis ponsel Oppo A16 di Indonesia dengan varian memori berbeda, yaitu RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB. Banderol harga Oppo 16 varian baru ini adalah Rp 2,5 juta.

Apakah kehadiran A16 versi RAM 4 GB yang terpaut lebih dari dua bulan ini ada kaitannya dengan kelangkaan chip yang tengah melanda dunia?

Baca juga: Oppo A16 RAM 4 GB Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Menjawab pertanyaan ini, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menegaskan bahwa perilisan Oppo A16 versi 4/64 GB yang dilakukan belakangan tidak ada kaitannya dengan faktor kendala pasokan komponen.

Alih-alih karena faktor kendala pasokan komponen, Aryo mengungkapkan, perilisan Oppo A16 versi RAM 4 GB yang dilakukan belakangan justru dilatarbelakangi oleh kinerja penjualan Oppo A16 versi 3/32 GB.

Sejak diluncurkan pada Juli lalu, kata Aryo, Oppo A16 versi 3/32GB di Tanah Air mencatat angka penjualan yang cenderung terus naik secara konstan.

"Penjualan yang tergolong baik ini membuat kami berpikir untuk segera merilis A16 4GB /64 GB di Indonesia," kata Aryo melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Jumat (25/9/2021).

Di samping itu, waktu peluncurkan dan pemasaran Oppo A16 versi RAM 4 GB ini di Indonesia juga disebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh perusahaan sejak awal.

"Jatah Indonesia untuk meluncurkan perangkat ini ada di 23 September kemarin, yang kebetulan juga permintaan A16 sedang bagus dan konsumen menginginkan perangkat A16 dengan spesifikasi yang lebih tinggi," tambah dia.

Kelangkaan chip global diketahui berdampak pada sejumlah pabrikan smartphone. Xiaomi, misalnya, berhenti menjual ponsel Redmi Note 10 di Indonesia karena masalah tersebut. Sementara, Samsung juga tak merilis seri Galaxy Note tahun ini.

Oppo A16 mengunggulkan kapasitas baterainya yang cukup besar, yakni 5.000 mAh.

Selain dilengkapi dengan konfigurasi hardware yang cukup mumpuni, Oppo A16 juga disertai dengan fitur pendukung yang dapat mengoptimalkan penggunaan ponsel. Mulai dari fitur privasi, kesehatan, hingga penghemat baterai.

Terdapat setidaknya lima fitur pendukung, yang terdiri dari App Lock, Private Safe, Eye-Care Display, Black Screen Mode, dan Super Night Standby.

Baca juga: 5 Fitur Penjaga Privasi dan Penghemat Baterai di Oppo A16

Seri A jadi andalan Oppo di Indonesia

(ki-ka) Oppo A74 5G dan A74.Oppo Indonesia (ki-ka) Oppo A74 5G dan A74.
Aryo mengatakan bahwa ponsel seri A menjadi salah satu andalan Oppo di pasar Indonesia, khususnya di segmen entry level.

"Tidak bisa dipungkiri segmen entry level menjadi segmen yang memberikan persentase yang tergolong besar. Perangkat entry level seperti A15, A15s, A16 memberikan porsi yang cukup besar," kata dia.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Oppo A16, Ponsel Entry Level Rp 2 Juta

Di samping itu, seri A di segmen kelas menengah seperti Oppo A74 dan A74 5G juga dilaporkan menunjukkan performa penjualan yang cukup tinggi.

Menurut Aryo, A3s dan A5 menjadi ponsel terlaris Oppo di segmen entry level pada 2020. Di 2021, predikat itu disandang oleh trio Oppo A15, A15s, dan A16.

Ponsel Oppo di segmen menengah mengalami pergeseran serupa. Tahun lalu, ponsel terlarisnya adalah Oppo A9 2020, A91, dan A92. Tahun ini, kata Aryo, posisi model-model itu sudah digantikan oleh Oppo A53 dan A74.

Baca juga: Menjajal Oppo A16 untuk Main Game

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com