Keren, Ponsel Android 12 Bisa Dikontrol dengan Gerakan Wajah

Kompas.com - 27/09/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 CNETIlustrasi sistem operasi Android 12
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Selain bahasa desain (UI) baru dengan julukan "Material You", sistem operasi (OS) smartphone Android 12 juga bakal dibekali dengan sejumlah fitur anyar yang fokus di aspek kemudahan penggunaan ponsel (aksesibilitas).

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan navigasi antarmenu dikontrol menggunakan gerakan wajah (facial gesture).

Nantinya, fitur facial gesture akan bisa diakses dengan dua cara, yaitu melalui aplikasi sistem terbaru di Android 12 yang bernama Accessibility Suite (via fitur Camera Switches), serta aplikasi Project Activate.

Di aplikasi Accessibility Suite, pengguna bisa menggunakan beragam ekspresi wajah, seperti membuka mulut, senyum, atau menggerakkan alis mata untuk menjalankan sejumlah perintah umum di ponsel, seperti memilih teks atau bernavigasi antarmenu.

Sementara itu, fitur facial gesture di aplikasi Project Activate bisa digunakan untuk mengaktifkan berbagai fitur di sejumlah aplikasi konvensional, seperti menyetel musik, mengirim SMS, dan lain sebagainya.

Ilustrasi fitur Facial Gesture di aplikasi Accessibility Suite pada Android 12.Google Ilustrasi fitur Facial Gesture di aplikasi Accessibility Suite pada Android 12.

Selain fitur perintah menggunakan gerakan wajah, Google juga turut menghadirkan fitur handwriting recognition di aplikasi Lookout pada Android 12.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, aplikasi tersebut bisa mendeteksi dan membacakan tulisan berbahasa latin via mode "Documents, serta mata uang Euro dan Rupee.

Pembaruan Android 12 juga bakal menurunkan sejumlah fitur yang sebelumnya eksklusif di ponsel Pixel, ke seluruh ponsel yang menjalankan OS dari suksesor Android 11 itu.

Dua di antaranya adalah fitur prediksi kalimat Smart Compose di aplikasi Google Keyboard, serta fitur Heads Up di aplikasi Digital Wellbeing untuk mengingatkan pengguna agar jangan meleng ketika sedang berjalan.

Baca juga: 6 Fitur Baru yang Hadir di Android 12

Ada pula fitur baru di Google Assistant yang memungkinkan pengguna melihat dan mengelola jadwalnya dengan mudah, serta fitur anyar di Nearby Share yang bisa digunakan untuk melihat mengontrol siapa saja yang bisa melihat perangkat perangkat kita.

Belum diketahui apakah fitur-fitur ini akan eksklusif di Android 12 atau tidak. Google juga belum mengumbar kapan sebenarnya Android 12 akan bisa dijajal pengguna smartphone di seluruh dunia.

Namun, OS teranyar ini konon akan dirilis ke publik pada akhir tahun ini atau sekitar bulan awal September - akhir November mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Instal Game di Android 12 Bakal Ada Tanda Petir, Ini Artinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.