Cara Bypass TPM untuk Install Windows 11

Kompas.com - 07/10/2021, 18:03 WIB
ilustrasi Windows 11 wired.comilustrasi Windows 11

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) terbaru Windows 11 baru saja dirilis Microsoft ke publik beberapa hari lalu.

Meski demikian, banyak pengguna yang tak bisa memasang OS teranyar itu lantaran terhambat oleh masalah teknis, salah satunya adalah tak adanya chip atau modul keamanan Trusted Platform Module (TPM) di komputer mereka.

Saat ini, Microsoft tampaknya masih mengizinkan pengguna untuk memasang Windows 11 di komputer yang tidak memiliki modul TPM dengan sejumlah cara.

Padahal, mereka sejatinya tidak menyarankan hal tersebut, dan mengimbau pengguna untuk mengecek sistem komputer mereka dengan software PC Health Check, supaya Windows 11 bisa berjalan dengan lancar dan kompatibel dengan PC masing-masing.

Baca juga: Cara Mengecek TPM, Syarat Wajib untuk Instal Windows 11 di Komputer

Namun, TPM ini bisa dikelabui/di-bypass, agar instalasi Windows 11 berjalan lancar. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan pengguna terkait kendala TPM, termasuk cara bypass TPM Windows 11.

Mengaktifkan modul TPM

Cara mengaktifkan TPM di UEFI Firmware Settings.UBackup.com Cara mengaktifkan TPM di UEFI Firmware Settings.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum langsung mem-bypass TPM Windows 11, perlu dicoba dahulu apakah PC/laptop Anda memiliki TPM. Dengan mengaktifkan TPM, maka instalasi Windows11 bisa berjalan atau tidak.

Windows 11 hanya akan mendeteksi modul TPM yang aktif, sebelum pemasangan dilakukan. Kabar baiknya, tak semua modul TPM di komputer diaktifkan, sehingga Windows 11 akan menganggap komputer pengguna tak memiliki TPM.

Untuk mengecek dan mengaktifkan modul TPM, pengguna bisa meng-klik tombol "Restart" pada menu "Start" komputer sembari menekan tombol "Shift" pada keyboard.

Setelah itu, komputer akan mati dan menyodorkan tampilan "Windows Advanced Options" yang serba biru. Di sana, pilih menu "Troubleshoot" > "Advanced options" > dan "UEFI Firmware Settings".

Baca juga: Menengok Tampilan Antarmuka Windows 11, Apa Saja yang Baru?

Lalu, klik tombol "Restart" untuk masuk ke tampilan UEFI Firmware Settings. Setelah itu, pengguna akan disuguhkan dengan jendela konfigurasi UEFI Firmware Settings.

Di sini, buka menu "Security" > dan "TPM 2.0 Security". Lalu, centang kotak "TPM On" yang tersedia di tampilan sebelah kanan untuk mengaktifkan modul TPM.

Halaman:


Sumber UBackup
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.