Kompas.com - 16/10/2021, 09:12 WIB
Emoji Bendera Merah EmojipediaEmoji Bendera Merah

KOMPAS.com - Media sosial Twitter belakangan diramaikan oleh tweet/kicauan yang menyertakan emoji bendera berwarna merah atau emoji Red Flag.

Twitter mengatakan bahwa, selama seminggu terakhir ini, penggunaan emoji red flag/bendera merah dalam twit mengalami peningkatan hingga 455 persen di Amerika Serikat.

Pada 12 Oktober 2021 lalu, tercatat ada sekitar 1,5 juta twit secara global yang mencantumkan emoji bendera merah di dalamnya.

Mengapa emoji bendera merah ramai di Twitter?

Menurut situs The Mary Sue, tren penggunaan emoji bendera merah dimulai sejak pengguna Twitter dari kalangan kulit hitam ramai mengunggah twit yang membahas tentang tanda bahaya yang perlu diwaspadai dalam hubungan asmara.

Baca juga: Mama Aku di TI Trending Topic di Twitter, Ini Penjelasannya

Sejumlah twit yang dimaksud termasuk pasangan yang lambat membalas pesan padahal sedang online, pasangan yang mengatakan mereka masih berteman dengan mantan mereka, hingga seseorang yang masih menjalani hubungan namun sudah jarang melakukan komunikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, twit yang diunggah oleh akun @inaflorescaa. Akun ini mengungkapkan kicauan yang berbunyi "Pergi sepanjang hari tanpa berbicara denganku" berikut emoji bendera merah di belakangnya. Kicauan ini tercatat sudah di-retweet sebanyak 29.000 kali.

Ada juga akun dengan handle @VH1PNUT_ yang mengunggah kicauan tentang seseorang yang aktif di media sosial, tetapi sangat lambat jika membalas chat.

Kemudian, akun @mykelrenee juga mengungkapkan bahwa dirinya masih berteman baik dengan sang mantan.

Di sisi lain, pemakaian emoji bendera merah dalam kicauan di Twitter, juga digunakan untuk mengekspresikan opini pengguna tentang perilaku seseorang, olahraga, makanan, film, musik, politik, atau kicauan yang mengandung unsur lelucon.

Bahkan, sejumlah merek teknologi ternama seperti Qualcomm juga ikut meramaikan tren penggunaan emoji bendera merah di Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.