Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Emoji Bendera Merah yang Ramai di Twitter

Kompas.com - 16/10/2021, 09:12 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial Twitter belakangan diramaikan oleh tweet/kicauan yang menyertakan emoji bendera berwarna merah atau emoji Red Flag.

Twitter mengatakan bahwa, selama seminggu terakhir ini, penggunaan emoji red flag/bendera merah dalam twit mengalami peningkatan hingga 455 persen di Amerika Serikat.

Pada 12 Oktober 2021 lalu, tercatat ada sekitar 1,5 juta twit secara global yang mencantumkan emoji bendera merah di dalamnya.

Mengapa emoji bendera merah ramai di Twitter?

Menurut situs The Mary Sue, tren penggunaan emoji bendera merah dimulai sejak pengguna Twitter dari kalangan kulit hitam ramai mengunggah twit yang membahas tentang tanda bahaya yang perlu diwaspadai dalam hubungan asmara.

Baca juga: Mama Aku di TI Trending Topic di Twitter, Ini Penjelasannya

Sejumlah twit yang dimaksud termasuk pasangan yang lambat membalas pesan padahal sedang online, pasangan yang mengatakan mereka masih berteman dengan mantan mereka, hingga seseorang yang masih menjalani hubungan namun sudah jarang melakukan komunikasi.

Misalnya, twit yang diunggah oleh akun @inaflorescaa. Akun ini mengungkapkan kicauan yang berbunyi "Pergi sepanjang hari tanpa berbicara denganku" berikut emoji bendera merah di belakangnya. Kicauan ini tercatat sudah di-retweet sebanyak 29.000 kali.

Ada juga akun dengan handle @VH1PNUT_ yang mengunggah kicauan tentang seseorang yang aktif di media sosial, tetapi sangat lambat jika membalas chat.

Kemudian, akun @mykelrenee juga mengungkapkan bahwa dirinya masih berteman baik dengan sang mantan.

Di sisi lain, pemakaian emoji bendera merah dalam kicauan di Twitter, juga digunakan untuk mengekspresikan opini pengguna tentang perilaku seseorang, olahraga, makanan, film, musik, politik, atau kicauan yang mengandung unsur lelucon.

Bahkan, sejumlah merek teknologi ternama seperti Qualcomm juga ikut meramaikan tren penggunaan emoji bendera merah di Twitter.

Apa arti emoji bendera merah di Twitter?

Menurut kamus Merriam-Webster, bendera merah didefinisikan sebagai "sinyal" atau sebuah tanda peringatan.

Baca juga: Apa Arti Emoji Monyet Menutup Mata?

Selain itu, bendera merah atau red flag juga menggambarkan sesuatu yang menandakan adanya bahaya, masalah, atau ketidakteraturan.

Kamus Merriam-Webster mengatakan bahwa red flag/bendera merah pertama kali diartikan sebagai kata benda sejak tahun 1748.

Sementara, menurut halaman Emojipedia, emoji bendera merah atau yang disebut "Triangular Red Flag", biasanya dikaitkan dengan olahraga golf.

Emoji red flag/bendera merah juga dapat diartikan sebagai "penanda" adanya masalah atau isu-isu penting lainnya.

Di sisi lain, seorang psikolog asal Inggris bernama Madeleine Mason Roantree, mengatakan bahwa "red flag" atau bendera merah dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dilakukan pasangan kita, yang menunjukkan kurangnya rasa hormat, integritas, atau minat terhadap hubungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com