Inilah ISP dengan Internet Terkencang di Indonesia Menurut Speedtest

Kompas.com - 21/10/2021, 17:27 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet

KOMPAS.com - Speedtest merilis laporan yang menjabarkan peringkat kecepatan internet dari penyedia layanan internet (ISP) fixed broadband di Indonesia untuk periode kuartal III-2021.

Laporan yang didasarkan pada data Speedtest Intelligence periode kuartal III-2021 itu menyajikan ranking empat ISP, yakni Biznet, Telkom, MyRepublic dan First Media.

Keempatnya dikategorikan sebagai Top Provider, yakni ISP yang menyumbang 3 persen atau lebih dari sample hasil uji di suatu wilayah dalam periode dimaksud.

Baca juga: Ranking Kecepatan Internet 5 Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya?

Urutan mereka ditentukan berdasarkan Speed Score yang 90 persen pembobotannya berasal dari kecepatan download, sementara 10 persen sisanya dari kecepatan upload. Penjelasan selengkapnya mengenai Speed Score bisa dilihat di laman ini.

Peringkat kecepatan 4 ISP di Indonesia menurut Speedtest adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Speedtest, Kamis (21/10/2021).

  1. Biznet masih dinobatkan sebagai penyedia layanan internet paling ngebut di Indonesia dengan skor kecepatan (Speed Score) 42,17.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Bila melihat laporan yang sama untuk dua kuartal sebelumnya, Biznet juga menempati posisi teratas sebagai ISP paling kencang di Indonesia.

    Menariknya, skor kecepatan Biznet terpantau mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama tiga kuartal terakhir.

    Pada kuartal III dan IV 2020, Biznet dilaporkan memiliki skor kecepatan 33,99. Lalu, sksor itu naik menjadi 40,66 pada kuartal II-2021. Yang terbaru, skor kecepatan Biznet naik lagi ke angka 42,17 pada kuartal III-2021 ini.

  2. Posisi kedua ISP terkencang di Indonesia ditempati oleh MyRepublic dengan skor kecepatan 35,31.

Halaman:


Sumber Speedtest
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.