Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Facebook Kesulitan Menghitung Jumlah Penggunanya Sendiri

Kompas.com - 23/10/2021, 13:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, Facebook diketahui menjadi salah satu platform jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif paling banyak di dunia.

Menurut data Facebook IQ, pengguna aktif bulanan (monthly active user, MAU) Facebook sudah mencapai 2,74 miliar per 30 September 2020. Sedangkan data Statista melaporkan MAU Facebook tembus 2,85 miliar pengguna per September 2021 ini.

Namun belakangan ini, Facebook justru dilaporkan kebingungan menghitung jumlah pengguna di platformnya sendiri. Masalah ini membuat informasi soal total pengguna aktif Facebook jadi terkesan kurang akurat.

Dua masalah perhitungan pengguna

Masalah Facebook kesulitan menghitung jumlah penggunanya sendiri terungkap dari isi presentasi dan memo internal Facebook yang berhasil didapatkan oleh outlet media The Wall Street Journal.

Pertama, di dalam presentasi internal, Facebook disebut menemukan bahwa bahwa "sangat lazim" bagi pengguna lama Facebook untuk membuat banyak akun baru.

Facebook menganalisis sekitar 5.000 akun baru yang didaftarkan kala itu, ternyata ditemukan bahwa sekitar 32-56 persen akun baru itu dibuat oleh pengguna yang sudah memiliki akun Facebook sebelumnya.

Namun, sistem Facebook untuk mendeteksi akun semacam itu disebut memberikan hasil perhitungan yang lebih rendah alias tak akurat sebagaimana mestinya.

Kedua, kesulitan Facebook menghitung jumlah pengguna yang sebenarnya juga terungkap dari sebuah memo internal dari bulan Mei lalu.

Memo tersebut mengungkapkan kendala perhitungan jumlah pengguna aktif pada demografi pengguna berusia 20-an tahun yang berbasis di Amerika Serikat.

Dilaporkan bahwa, jumlah pengguna Facebook AS yang berusia 20-an dan aktif setidaknya sebulan sekali sering melebihi total populasi orang Amerika seusia mereka.

"Ini memunculkan masalah utama, yaitu SUMA," tulis penulis memo tersebut.

SUMA sendiri adalah singkatan untuk Single User Multiple Accounts atau pengguna yang memiliki beberapa akun sekaligus.

Penulis presentasi menambahkan, masalah tersebut dapat membuat rasio pengguna aktif Facebook tiap harinya "kurang dapat dipercaya".

Dengan kata lain, fenomena SUMA ini agaknya menjadi masalah utama yang membuat Facebook kesulitan menghitung jumlah pengguna aktif sebenarnya secara tepat dan akurat.

Sebab, di satu sisi, akun-akun baru yang dibuat oleh pengguna SUMA ini tak dihitung secara akurat oleh sistem pendeteksi Facebook.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com