Kompas.com - 24/10/2021, 12:22 WIB
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg (kiri) dan pendiri Twitter Jack Dorsey (kanan). Getty ImagesPendiri Facebook Mark Zuckerberg (kiri) dan pendiri Twitter Jack Dorsey (kanan).

KOMPAS.com - CEO Facebook Mark Zuckerberg belakangan menggaungkan rencana masa depannya membangun sebuah dunia impian bernama "metaverse".

Ide yang kabarnya bakal ikut didukung dengan menamai ulang (rebranding) Facebook itu memicu reaksi dari berbagai pihak, termasuk Jack Dorsey, CEO Twitter yang notabene merupakan salah satu media sosial pesaing Facebook.

Dorsey tak langsung mengejek Facebook, tapi dia menyindir lewat tanggapannya atas kicauan seorang warganet dengan handle @udiWertheime di Twitter, yang mengatakan bahwa CEO Facebook Mark Zuckerberg ingin "menjalankan sebuah negara" lewat metaverse.

Istilah "metaverse", menurut @udiWertheime, pertama kali diungkapkan oleh penulis Neal Stephenson di dalam novel fiksi ilmiahnya yang berjudul Snow Crash, terbitan 1992.

Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?

Di sana, Neal Stephenson menggambarkan metaverse  sebagai sebuah dunia virtual, di mana para penggunanya diperlakukan seperti warga negara oleh perusahaan-perusahaan yang bertindak layaknya diktator dalam sebuah distopia.

"Bagaimana jika Neal benar?" tanya @udiWertheime. Dorsey bereaksi dengan memberi tanggapan singkat. "Dia (Neal) memang benar," kicaunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kata lain, Dorsey juga memandang impian metaverse Facebook sebagai rencana membikin dunia virtual yang nantinya bakal dikendalikan oleh perusahaan jejaring sosial itu.

Rencana Zuckerberg mengubah Facebook jadi perusahaan metaverse ini juga mengundang ejekan dari netizen lainnya. Bahkan kerap disebut-sebut sebagai upaya pengalihan skandal yang tengah dihadapi Facebook.

Beberapa netizen juga mengejek Facebook untuk mengubah namanya jadi "Fakebook" atau :Wokebook" saat re-branding menjadi perusahaan metaverse, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DailyMail, Minggu (24/10/2021).

Rencana metaverse Facebook

Metaverse sendiri didefinisikan oleh Facebook sebagai "dunia online yang ditinggali orang-orang, di mana mereka saling berkomunikasi di ruang virtual".

Halaman:


Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.