Kompas.com - 28/10/2021, 11:31 WIB
Ilustrasi Facebook JOSH EDELSON / AFPIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, Facebook mendapat sorotan. Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini diterpa sejumlah tuduhan setelah dokumen internal Facebook bocor ke publik.

Namun, di tengah beragam masalah yang datang, Facebook tetap mendulang keuntungan, bahkan semakin besar.

Dalam pemaparan laporan keuangan (earning call) baru-baru ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa perusahaan berhasil mencatat pendapatan sebesar 29 miliar dollar AS atau setara Rp 411 triliun pada kuartal III-2021.

Angka tersebut naik 35 persen, dari pendapatan Facebook pada periode yang sama tahun 2020 (YoY), yakni sebesar 21,47 miliar dollar AS (kira-kira Rp 304,3 triliun).

Baca juga: Terungkap, Facebook Kesulitan Menghitung Jumlah Penggunanya Sendiri

Dari kenaikan pendapatan tersebut, Facebook juga berhasil mencetak keuntungan mencapai 9,2 miliar dollar AS (setara Rp 127 triliun), naik 17 persen dari tahun ke tahun (YoY).

Selain kondisi keuangan yang membaik, Facebook juga melaporkan pertumbuhan pengguna yang menggunakan aplikasi keluarga Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kuartal III-2021 ini, jumlah pengguna yang menggunakan aplikasi keluarga Facebook tumbuh 12 persen dari tahun ke tahun, menjadi hampir 3,6 miliar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNN.

Facebook sendiri dilaporkan memiliki 1,9 miliar pengguna aktif harian (Daily Active User/DAU) dan 2,9 miliar pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) pada periode ini.

"Kami membuat kemajuan yang baik pada kuartal ini dan komunitas kami terus tumbuh. Saya senang dengan roadmap kami, terutama seputar pembuat konten, perdagangan, dan membantu membangun metaverse," kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (28/10/2021).

Tuduhan pentingkan profit ketimbang keamanan user

Pertumbuhan keuntungan dan jumlah pengguna tersebut terjadi ditengah banyaknya tuduhan yang dilayangkan kepada Facebook.

Halaman:


Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.