Internet 4G di Indonesia Ternyata Lebih Kencang daripada Wi-Fi

Kompas.com - 29/10/2021, 11:39 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna ponsel kerap menyambungkan perangkatnya ke jaringan Wi-Fi yang tersedia di rumah, kantor, maupun tempat publik seperti bandara atau kafe. Dengan menggunakan jaringan Wi-Fi, penggunaan kuota data seluler bisa dihemat.

Namun, untuk urusan kecepatan, rata-rata jaringan Wi-Fi di Indonesia ternyata tidak sekencang koneksi internet seluler 4G LTE. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah laporan dari lembaga riset mobile OpenSignal.

Baca juga: Inilah ISP dengan Internet Terkencang di Indonesia Menurut Speedtest

Menurut laporan yang diterima KompasTekno, Jumat (29/10/2021) itu, riset yang digelar OpenSignal pada periode 1 Juli - 28 September 2021 menemukan bahwa kecepatan download rata-rata dari layanan 4G di Indonesia adalah 15,1 Mbps.

Angka tersebut 25 persen lebih tinggi dibandingkan kecepatan rata-rata download melalui  jaringan Wi-Fi di Tanah Air, baik di tempat publik maupun privat seperti kantor dan rumah, yang sebesar 12 Mbps.

ilustrasi kecepatan 4G dan WiFi di Indonesia.OpenSignal ilustrasi kecepatan 4G dan WiFi di Indonesia.
Selain itu, 4G di Indonesia juga disebut lebih kencang dibandingkan rata-rata kecepatan download jaringan Wi-Fi dari perangkat MiFi, alias hotspot portabel, dengan 6,8 Mbps, serta internet seluler 3G yang hanya mencapai 4,9 Mbps.

Kecepatan rata-rata download 4G di beberapa wilayah di Indonesia dalam riset OpenSignal tercatat lebih tinggi dibandingkan jaringan Wi-Fi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ranking Kecepatan Internet 5 Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya?

Meski demikian, pebedaan kecepatannya bervariasi.Di wilayah Papua Barat, misalnya, kecepatan rata-rata download 4G 58 persen lebih kencang dibanding jaringan Wi-Fi.

ilustrasi kecepatan 4G dan WiFi di 12 wilayah di Indonesia.OpenSignal ilustrasi kecepatan 4G dan WiFi di 12 wilayah di Indonesia.

Sementara itu, kecepatan rata-rata download 4G juga 53 persen lebih tinggi dari Wi-Fi di wilayah Kalimantan, 51 persen di Jawa Timur, serta 39 persen lebih cepat di Sulawesi.

Menariknya, selisih kecepatan 4G dan Wi-Fi di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat tak terlalu signifikan. Kecepatan 4G di masing-masing provinsi itu hanya berselisih persen, 6 persen, dan 10 persen di atas Wi-Fi.

Baca juga: 10 Kota dengan Internet Terkencang di Indonesia Menurut Speedtest

Adapun kecepatan rata-rata download 3G di sejumlah wilayah besar di Indonesia, yang jumlahnya ada 12 wilayah, masih jauh lebih rendah dibandingkan kecepatan Wi-Fi, yaitu hanya berkisar di angka 4,2 - 6,5 Mbps.

Riset OpenSignal selengkapnya mengenai pengalaman kecepatan download 4G, WiFi, MiFi, dan 3G di Indonesia bisa disimak di tautan berikut ini.

Baca juga: Akses WiFi Lambat, Cek Posisi Router dan Sinyalnya Pakai Aplikasi Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.