Kompas.com - 30/11/2021, 20:08 WIB
Sosok Parag Agrawal, CEO Twitter yang baru pengganti Jack Dorsey. The VergeSosok Parag Agrawal, CEO Twitter yang baru pengganti Jack Dorsey.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - India dikenal sebagai negara yang kemajuan teknologinya cukup pesat, bahkan, India kerap menjadi pasar yang besar bagi sejumlah perusahaan teknologi.

Selain menjadi pasar yang besar, India juga memiliki orang-orang yang menduduki jabatan tinggi di raksasa teknologi dunia.

Tak sedikit petinggi-petinggi perusahaan teknologi besar lain yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, yang sama-sama berasal dari negara yang biasa dijuluki "Anak Benua" itu. Siapa saja?

1. CEO Twitter, Parag Agrawal

CEO Twitter, Parag Agrawal yang berasal dari India.TheGuardian CEO Twitter, Parag Agrawal yang berasal dari India.
Yang terbaru adalah Parag Agrawal yang menggantikan Jack Dorsey sebagai CEO Twitter. Jack Dorsey baru saja mewariskan jabatannya kepada kerabatnya yang merupakan keturunan India, Parag Agrawal.

Baca juga: Sosok Parag Agrawal, CEO Baru Twitter Pengganti Jack Dorsey

Ini artinya, Agrawal, yang merupakan mantan Chief Technology Officer (CTO) Twitter sejak 2017 itu, menambah daftar orang asal India yang memimpin berbagai perusahaan teknologi besar di dunia.

Agrawal sendiri lahir di Mumbai, India sekitar tahun 1984 dan bergabung ke Twitter pada 2011 lalu. Ia adalah lulusan S1 dari Institut Teknologi Bombay, India, dan S2 serta PhD dari Universitas Stanford, AS.

2. CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai

                               CEO Google, Sundar Pichai, Rabu (17/5/2017), saat menjadi spekaer pada keynote utama Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, AS.Google CEO Google, Sundar Pichai, Rabu (17/5/2017), saat menjadi spekaer pada keynote utama Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, AS.
Sundar Pichai dipercaya menjadi CEO Google sejak 2015 lalu. Pria kelahiran Madras, India, 10 Juni 1972 ini merupakan lulusan S1 Institut Teknologi Kharagpur, India, S2 dari Universitas Stanford, AS, dan MBA dari Universitas Pennsylvania (Warton School), AS.

Posisi CEO Google diberikan Pichai pada 2015 lalu setelah salah satu pendiri Google, Larry Page, naik jabatan menjadi CEO Alphabet.

Kemudian pada Desember 2019, melalui sebuah surat yang dipublikasi di blog resmi perusahaan, pendiri Google Larry Page menyatakan mundur dari jabatannya sebagai CEO Alphabet.

Dengan demikian, Sundar Pichai yang sebelumnya telah menjabat sebagai CEO Google juga merangkap sebagai CEO Alphabet, perusahaan induk Google yang didirikan pada 2015 itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber news18
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.