7 Fitur Baru WhatsApp yang Diramal Akan Meluncur Tahun Depan

Kompas.com - 01/12/2021, 10:33 WIB
Ilustrasi WhatsApp businessinsider.comIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp diketahui tengah menyiapkan sejumlah fitur baru yang diramalkan akan dirilis pada 2022 mendatang.

Hal tersebut diketahui dari bocoran yang ditemukan oleh media yang kerap memberi informasi fitur terbaru WhatsApp, WABetaInfo dan 91Mobiles.

Setidaknya ada tujuh fitur anyar yang tengah disiapkan. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman penggunanya yang mencapai 2 miliar.

Berikut 7 fitur baru WhatsApp yang bakal dirilis pada 2022 mendatang sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo dan 91Mobiles, Rabu (1/12/2021).

1.Nonton Instagram Reels di WhatsApp

Berada dalam satu naungan perusahaan induk yang sama, WhatsApp dikabarkan menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa menonton Reels langsung dari dalam aplikasi WhatsApp.

Mirip TikTok, Reels adalah fitur video pendek berdurasi kurang dari 1 menit di Instagram.

Fitur baru ini disinyalir sebagai bagian dari rencana pengintegrasian WhatsApp dengan aplikasi lainnya di bawah naungan Meta (dulu Facebook). 

2. Delete for everyone tanpa batas waktu

WhatsApp disebut tengah menyiapkan fitur delete for everyone tanpa batas waktu.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menarik kembali (unsend) pesan yang sudah terlanjur dikirim ke teman chat, baik di raung obrolan personal maupun grup kapan pun diinginkan.

Perbedaan fitur delete for everyone pada pesan di WhatsApp beta (kiri) dan WhatsApp biasa (kanan).WABetaInfo Perbedaan fitur delete for everyone pada pesan di WhatsApp beta (kiri) dan WhatsApp biasa (kanan).
WABetaInfo melaporkan, pihaknya masih bisa menggunakan opsi delete for everyone pada pesan yang dikirim tiga bulan yang lalu.

Baca juga: 5 Cara agar WhatsApp Tak Rakus Ruang Penyimpanan

Biasanya fitur tersebut memiliki batas waktu maksimal, yakni 4.096 detik alias 1 jam 8 menit 16 detik sejak pesan dikirimkan.

Bila lewat dari batas waktu itu, opsi "delete for everyone" akan hilang dan pesan tak lagi bisa di-unsend. Jadi, pengirim pesan harus cepat-cepat menarik pesan miliknya.

3. Dukungan multi-device

Fitur multi-device versi beta di WhatsApp.91mobiles Fitur multi-device versi beta di WhatsApp.
WhatsApp diketahui tengah menyiapkan fitur baru berupa dukungan multi-device atau banyak perangkat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 91Mobiles
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.