Kompas.com - 30/11/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi GoTo, perusahaan baru hasil merger antara Gojek dengan Tokopedia. Biaya admin Tokopedia seller ditentukan dari status keanggotaan. GoToIlustrasi GoTo, perusahaan baru hasil merger antara Gojek dengan Tokopedia. Biaya admin Tokopedia seller ditentukan dari status keanggotaan.

KOMPAS.com - Gojek dan Tokopedia telah mengumumkan merger pada Mei lalu, sekaligus memperkenalkan entitas baru bernama GoTo. Kini, perusahaan itu memperkenalkan nama baru untuk induk perusahaan yakni PT GoTo Gojek Tokopedia.

Sebelum menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia, induk perusahaan GoTo bernama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (AKAB). Sebelum merger, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa merupakan holding dari Gojek.

"Nama entitas holding GoTo Group saat ini lebih merefleksikan bisnis kami sejak adanya kombinasi Gojek dan Tokopedia," kata Nila Marita, Chief of Corporate Affairs Gojek mewakili GoTo, melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Selasa (30/11/2021).

Nila menambahkan, perubahan nama induk perusahaan Gojek-Tokopedia ini hanya bersifat administratif saja. Artinya, perubahan ini tidak berdampak langsung kepada pengguna Gojek.

Baca juga: Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Penjual dan Mitra Dapat Apa?

"Penamaan ini hanya bersifat administratif dan tidak berdampak pada penamaan produk atau operasional perusahaan," imbuh Nila.

Perubahan nama ini telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Profil singkat perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia bisa dilihat di situs ahu.go.id.

Polemik nama "GoTo"

Sebelumnya, nama "GoTo" sempat menimbulkan polemik lantaran sebuah perusahaan bernama PT Terbit Financial Technology (TFT) menggugat ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat karena nama "GoTo" mirip dengan layanan mereka, yakni "GOTO".

Atas hal tersebut, PT TFT menuntut ganti rugi materil Rp 1,83 triliun dan imateril sebesar Rp 250 miliar. Sheingga, total tuntutan mencapai Rp 2,09 triliun.

Penggugat juga meminta majelis hakim menyatakan bahwa merekalah satu-satunya pemilik dan pemegang hak yang sah atas merek terdaftar "GOTO" serta segala variasinya.

Selain itu, penggugat juga meminta hakim untuk menjatuhkan hukuman kepada Gojek dan Tokopedia untuk menghentikan penggunaan merek "GoTo" dan segala variasinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.