Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Fitur Baru Google Maps bagi yang Hobi Makan dan Bepergian

Kompas.com - 07/12/2021, 07:02 WIB
CA,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Sebagai aplikasi navigasi perjalanan paling populer, Google Maps terus meluncurkan fitur-fitur baru. Google Maps sendiri merupakan navigasi perjalanan yang diluncurkan tahun 2005. Aplikasi ini bisa digunakan di ponsel Android maupun iOS, dan juga di desktop.

Belum lama ini, Google merilis fitur baru di Google Maps yang kian memanjakan penggunanya. Tak hanya untuk menunjukkan lokasi, Google Maps kini dapat membagi berbagai informasi.

Beberapa informasi yang diusung Google Maps antara lain tampilan lokasi bisnis, rekomendasi tempat makan, pusat perbelanjaan, SPBU, hingga cafe.

Baca juga: Cara Menambah Alamat Rumah di Google Maps

Fitur terbaru Google ini diluncurkan untuk membuat perjalanan pengguna lebih menyenangkan. Google Maps juga menambahkan Maps detail untuk pusat perbelanjaan/mal besar, bandara, dan stasiun. Hal ini dapat membantu mencegah pengguna tersesat.

Fitur ini akan memberitahu Anda jam buka dan lantai mana tujuan Anda. Anda dapat melihat melalui restoran, toko, lounge, dan tempat parkir.

Fitur baru yang dirilis Google Maps ini bernama Area Busyness memungkinkan Anda melihat secara keseluruhan keramaian suatu tempat secara real time.

Fitur ini dapat membantu liburan Anda agar tidak bingung menentukan tempat. Saat masuk ke Google Maps melalui Android atau iPhone (atau browser komputer Anda), Anda bisa melihat tempat apa saja yang ada di sekitar.

Contohnya seperti pusat kota, tepi sungai, atau kota kuno dan lain sebagainya. Google Maps akan memberitahukan informasi seberapa ramai tepat tersebut.

Google Maps akan mengatakan sesuatu seperti "Area Sibuk", dan Anda bisa mengklik untuk detail lebih lanjut. Fitur ini diusung Google Maps untuk membantu penggunanya menghindari area ramai terlebih saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Menengok Fitur-fitur AI yang Akan Hadir di Google Maps

Selain itu, Google Maps juga meluncurkan fitur bagi mereka yang hobi makan dan bepergian. Pertama adalah reservasi restoran.

Reservasi restoran

Bagaimana cara menggunakan fitur baru reservasi restoran ini di Google Maps?

Fitur Google Maps ini akan membantu penggunanya untuk memesan kursi di restoran yang Anda inginkan.

Berikut cara reservasi restoran melalui Google Maps yang KompasTekno rangkum dari Cnet, Selasa (7/12/2021).

  1. Buka Google Maps, ketuk tombol Restoran di bagian atas peta untuk melihat daftar tempat makan.
  2. Pilih restoran yang diinginkan. Nantinya akan muncul jendela baru untuk memesan tempat, atau masuk dalam daftar tunggu (tidak semua tempat menyediakan opsi ini).

Catatan: jika muncul pemberitahuan “sibuk”, itu berarti Anda disarankan untuk memilih restoran yang lain yang sedang sepi.

Terkadang ada juga restoran yang tidak menyediakan makan di tempat namun tetap bisa memesan untuk take away.

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com