Cara Bagikan Password WiFi dengan QR Code di Ponsel Android

Kompas.com - 08/12/2021, 17:08 WIB
Kode QR WiFi androidauthority.comKode QR WiFi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memasang jaringan WiFi sendiri di rumah merupakan pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika mayoritas pekerjaan dan kegiatan belajar banyak dilakukan di rumah.

Tentu dalam penggunaannya Anda sudah tak asing lagi jika penggunaan WiFi mengharuskan pengguna untuk memasukkan password tertentu.

Password berguna untuk mengamankan perangkat dari peretas atau orang yang tidak diinginkan. Maka dari itu, pemilik WiFi disarankan untuk menggunakan kata sandi yang aman dan kuat.

Baca juga: 9 Provider Internet dan Daftar Harganya untuk Pasang WiFi di Rumah

Cara bagikan password WiFi dengan QR code ponsel Android

Namun ada kalanya Anda harus membagikan koneksi WiFi pada seseorang yang mengunjungi rumah Anda untuk kepentingan tertentu.

Tak hanya itu Anda yang tak sengaja mengunjungi tempat baru dan bermaksud untuk menghubungkan perangkat Anda pada jaringan WiFi tersebut, sudah pasti harus mengetikkan password WiFi yang terkadang cukup rumit.

Mengatasi hal ini, untuk Anda yang mengetahui cara membagikan password Wifi dengan ponsel Android, dapat dilakukan dengan mudah tanpa repot mengetikkannya, yaitu cukup dengan scan QR code.

Bagaimana cara membagikan password Wifi dengan QR code menggunakan ponsel Android? berikut ini beberapa langkah yang harus Anda perhatikan.

Ilustrasi QR code password WiFi.Beebom Ilustrasi QR code password WiFi.

Cara Dapatkan QR Code WiFi

Sebelum menggunakan cara ini, perlu Anda perhatikan bahwa cara membagikan password menggunakan QR Code hanya dapat dilakukan melalui versi Android 10 atau yang paling terbaru.

  • Buka “Pengaturan Ponsel”
  • Masuk ke “Pengaturan WiFi”
  • Ketuk jaringan WiFi dari daftar koneksi yang tersedia
  • Ketuk “Bagikan” menggunakan ikon QR code
  • Setelah mengetuk ikon “Bagikan” perangkat Anda akan memerlukan otentikasi untuk memastikan bahwa pengguna perangkat adalah benar-benar Anda. Anda dapat menggunakan pin atau sidik jari ponsel Anda untuk mengotorisasi permintaan pembuatan kode QR
  • Selesai, Anda akan melihat kode QR di jaringan WiFi

Cara scan QR code WiFi Android

Sekarang setelah mendapatkan QR Code, Anda atau pengunjung rumah dapat dengan mudah memindai WiFi hanya dengan scan QR Code. Berikut ini caranya.

  • Nyalakan penggunaan WiFi dengan pada perangkat nda
  • Ketuk ikon QR code di sebelah “Tambah Jaringan/Add Network
  • Setelah itu Anda dapat menscan QR code yang telah tersedia

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di PC dan Laptop Windows

Cara alternatif lain adalah Anda dapat mengetuk SSID jaringan Wifi kemudian akan muncul kotak teks untuk memasukkan password, di sini Anda dapat menekan ikon QR Code yang terletak di dekat kolom untuk memasukkan password.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Beebom
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.