Kompas.com - 28/12/2021, 08:12 WIB

KOMPAS.com - Firma riset pasar Startegy Analytics merilis laporan terbarunya terkait pengiriman (shipment) smartphone 5G di dunia untuk kuartal III-2021.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Apple berhasil menjadi perusahaan dengan pengiriman ponsel 5G terbanyak pada kuartal ketiga tahun ini dengan pangsa pasar (market share) sekitar 25 persen.

Apple sendiri memang sudah meluncurkan jajaran iPhone 13 Series yang hadir dengan dukungan konektivitas 5G pada September lalu.

Strategy Analytics tidak mengumbar berapa unit ponsel 5G yang berhasil dikirimkan Apple. Yang jelas, di bawah Apple ada beberapa vendor ponsel Android yang memiliki market share lebih rendah dari perusahaan pembuat iPhone tersebut.

Baca juga: 5 Merek Ponsel 5G Terlaris, Siapa Juaranya?

Beberapa perusahaan tersebut secara berurutan adalah Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Honor, Realme, dan vendor smartphone lainnya yang tergabung dalam kategori "Others" (lain-lain).

Pengiriman smartphone 5G secara global pada kuartal-III 2021 versi Strategy Analytics.StrategyAnalytics Pengiriman smartphone 5G secara global pada kuartal-III 2021 versi Strategy Analytics.
Xiaomi berada di posisi kedua setelah menjejali pasar dengan aneka ponsel 5G dari beragam segmen, mulai dari Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 10 5G, hingga Mi 11T series.

Sementara itu, Samsung juga banyak meluncurkan ponsel 5G mereka untuk beragam segmen, mulai dari Galaxy A22 5G, hingga ponsel lipat terbarunya yang mendukung jaringan 5G macam Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3.

Adapun urutan vendor dengan pengiriman smartphone 5G terbanyak di dunia adalah sebagai berikut:

  1. Apple
  2. Xiaomi
  3. Samsung
  4. Oppo
  5. Vivo
  6. Honor
  7. Realme
  8. Lain-lain

Baca juga: Pasaran Ponsel 5G Dunia Didominasi Merek China

Honor raih peningkatan pengiriman tercepat

Meski Apple, Xiaomi, dan Samsung berada di posisi tiga besar sebagai pengirim ponsel 5G terbanyak di kuartal-III 2021, Honor justru dinobatkan Strategy Analytics sebagai perusahaan ponsel yang memiliki perkembangan pengiriman ponsel 5G tercepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.