Cara Bagikan Link Shopee Affiliate ke TikTok, Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Kompas.com - 15/01/2022, 15:18 WIB
Logo program Shopee Affiliates ShopeeLogo program Shopee Affiliates

KOMPAS.com - Shopee Affiliates merupakan program yang digagas oleh layanan marketplace Shopee. Program ini ditujukan untuk content creator atau pembuat konten di media sosial, agar bisa mempromosikan produk-produk yang ada di toko penjual Shopee.

Promosi produk bisa dilakukan dengan cara membagikan link atau tautan dari suatu produk ke beberapa media sosial, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Baca juga: Cara dan Syarat Daftar Menjadi Shopee Mall

Pengguna yang menjadi bagian dari program Shopee Affiliates bakal mendapat komisi, jika produk yang disebarkan melalui link tersebut dibeli oleh orang lain.

Semakin banyak orang membeli melalui link tersebut maka semakin banyak juga komisi yang bakal Anda peroleh.

Agar bisa membagikan link produk dan mendapatkan komisi dari penjualan produk itu, Anda perlu untuk mendaftarkan diri dulu ke program Shopee Affiliates.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliates untuk Tambah Penghasilan

Setelah itu, Anda baru bisa mulai untuk membagikan link produk yang dijual di toko-toko Shopee.

Namun sebelum mulai membagikan link produk tersebut, Anda harus menyalin link terlebih dahulu. Sebagaimana dikutip dari laman resmi Shopee, berikut cara menyalin link produk buat Shopee Affiliates:

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda
  • Pilih produk dari toko yang berstatus "Shopee Mall" atau "Star Seller" di Shopee sesuai ketentuan program Shopee Affiliates
  • Untuk mengetahui toko dengan status tersebut, Anda bisa melihatnya dari label bertuliskan “Star” atau “Mall” yang berada di pojok kiri dari tinjauan tampilan produk di Shopee.
  • Anda tidak bakal mendapat komisi kalau membagikan link produk yang bukan berasal dari toko dengan status tersebut
  • Setelah menemukan produknya, buka produk itu lalu klik ikon panah yang biasanya terletak di pojok kanan atas untuk mengakses opsi bagikan
  • Kemudian, klik opsi “salin tautan”
  • Bagi Anda yang telah terdaftar dalam Shopee Affiliatess, biasanya link tersebut bakal memiliki kode awal berupa “https://shp.ee”, kemudian dilanjut dengan susunan kode tautan.

Baca juga: Aturan COD di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan Zalora serta Cara Pengembalian Barang

Setelah Anda klik opsi tersebut, link produk secara otomatis akan tersalin. Kini, Anda bisa memulai untuk membagikan link produk untuk Shopee Affiliates tersebut ke TikTok, Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Cara membagikan link produk Shopee Affiliates adalah sebagai berikut:

  • Buat template promosi yang berisi deksripsi dan link produk
  • Deskripsi produk bisa Anda dapatkan dengan cara mengambil screenshot (tangkapan layar) pada deksripsi dan foto yang tertera di toko Shopee
  • Bubuhkan link produk di bawah deskripsi produk yang telah Anda siapkan
  • Setelah template promosi jadi, Anda bisa membagikan link Shopee Affiliatess ke berbagai media sosial.

Misalnya, Anda bisa membagikan link Shopee Afiliates lewat TikTok dengan membuat video singkat yang berisi template promosi.

Kemudian, Anda juga bisa membagikan link Shopee Afiliates di grup WhatsApp lewat WhatsApp Status agar banyak yang tertarik.

Baca juga: Pendiri Shopee Jadi Orang Terkaya di Singapura, Ini Jumlah Hartanya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.