Kompas.com - 18/01/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan mencatat kini bisa dilakukan di ponsel. Pengguna smartphone bisa mencatat apa saja, mulai dari daftar kegiatan, belanjaan, atau hal-hal penting lain.

Setiap ponsel biasanya memiliki fitur catatan bawaan. Namun, tak jarang pengguna juga mengunduh berbagai aplikasi catatan lain yang dirasa memiliki lebih banyak fitur. Salah satu aplikasi catatan yang dapat digunakan pengguna adalah Google Keep

Google Keep merupakan salah satu layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna dapat menulis catatan penting. Catatan dapat dibuat dengan teks, daftar, gambar, maupun audio.

Baca juga: Cara Membuat Catatan dan Melampirkan File di Google Calendar

Aplikasi ini merupakan bawaan dari Goole layaknya Google Docs, Spreadsheet, dan lain sebagainya. Sehingga ketika pengguna memiliki akun Google, Google Keep telah otomatis terintegrasi dengan akun Google pengguna.

Akun tersebut juga memberi pengguna akses ke layanan Google lainnya seperti Gmail, Kalender, Play Store, Drive dan lainnya. Pengguna dapat mengakses Google Keep melalui ponsel Android, iPhone, maupun browser seperti Chrome atau Mozilla Firefox.

Lantas apa saja fitur-fitur Google Keep yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna? Berikut ini KompaTekno mengulas beberapa fitur teratas Google Keep yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Cara Cek Voice Note WhatsApp Sebelum Dikirim

1. Fitur simpan catatan dalam teks, audio, gambar, dan foto

Terdapat empat cara untuk menggunakan Google Keep. Pengguna dapat menggunakan fitur ketik berupa teks seperti biasanya untuk mencatat catatan.

Kedua terdapat fitur gambar yang membantu Anda menulis catatan menggunakan coretan gambar. Tidak perlu stylus pen, cukup gunakan jari untuk menggambar di layar smartphone.

Selanjutnya terdapat fitur mikrofon yang membantu pengguna untuk mengetik menggunakan suara maupun menyimpan rekaman audio. Fitur tersebut juga terintegrasi dengan Google Assistant.

Fitur keempat adalah membuat catatan dengan gambar. Pengguna dapat menyimpan gambar dari galeri maupun mengambil gambar dari kamera yang dirasa penting untuk dimasukkan ke Google Keep.

Baca juga: Cara Membuat Catatan dan Melampirkan File di Google Calendar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.