Tradisi Kamera 12 Megapiksel Berhenti di iPhone 14?

Kompas.com - 18/01/2022, 19:04 WIB

KOMPAS.com - Satu per satu, spesifikasi iPhone 14 yang kabarnya bakal meluncur awal tahun ini, semakin bermunculan.

Meski Apple belum merilis informasi resmi soal penerus iPhone 13 ini, namun sebuah bocoran terbaru mengungkap kamera belakang utama iPhone 14 Pro akan mengalami peningkatan resolusi yang cukup drastis.

Menurut firma riset pasar TrendForce, iPhone 14 Pro disebut akan mengusung kamera utama dengan sensor resolusi 48 megapiksel (MP).

Dugaan ini muncul tak asal tebak, melainkan berdasar data laporan pengiriman modul kamera yang belum lama dirilis TrendForce, di mana Apple akan mengurangi modul kamera 12 MP dan menambah komponen sensor kamera resolusi 48 MP, disinyalir untuk iPhone 14 Pro.

Baca juga: Kominfo Minta Apple untuk Buka Kunci 5G iPhone 12 dan iPhone 13 di Indonesia

Apabila prediksi tersebut benar, maka ini merupakan ketiga kalinya Apple mengambil langkah besar dalam hal resolusi kamera, untuk perangkat iPhone.

Sebelumnya, Apple dikenal mempertahankan resolusi kamera yang besaran resolusinya "itu-itu saja", seperti pada iPhone 4 ke bawah yang mengandalkan kamera 5 megapiksel.

Baru pada iPhone 4s yang meluncur 2011, Apple meningkatkan besaran resolusi kameta uatama iPhone menjadi 8 megapiksel.

Perusahaan asal Cupertino, AS itu kemudian kembali meng-upgrade besaran resolusi kamera iPhone pada 2016, saat merilis iPhone 6s. iPhone 6 yang sebelumnya mengandalkan kamera utama 8 MP telah mendapatkan peningkatan resolusi menjadi 12 MP.

Hingga ke lini iPhone 13 yang meluncur 2021, Apple tetap mempertahankan resolusi kamera 12 megapiksel.

Baca juga: Melihat Evolusi 15 Tahun iPhone dari Masa ke Masa

Hingga saat ini Apple masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait rumor yang menerpa salah satu calon perangkat miliknya.

Namun, ada dugaan bahwa Apple membutuhkan kamera beresolusi tinggi demi menawarkan perekaman video berkualitas 8K.

Sebelumnya, pembocor produk terbaru Apple Ming-Chi Kuo telah membahas rumor serupa. Meski belum diketahui secara pasti, namun Kuo menantikan kehadiran kamera beresolusi 48 MP pada iPhone 14 Pro.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (18/1/2022), Kuo juga meramalkan kehadiran kamera zoom periskop pada jajaran iPhone 15 yang konon akan meluncur pada tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.