Alasan Utama Beli Ponsel 5G Sekarang, Chipset-nya Sudah Bagus

Kompas.com - 24/01/2022, 11:31 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sejauh ini, sudah banyak ponsel 5G yang menjejali pasar smartphone Indonesia yang dirilis dari berbagai vendor, mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, hingga Realme.

Meski banyak pilihan, pengguna disarankan untuk tidak membeli ponsel 5G, apabila mereka hanya ingin sekadar menjajal jaringan 5G di awal 2022 ini. Hal itu disampaikan oleh pengamat teknologi dan gadget dari situs Ponselmu.com, Herry SW.

"Jangan membeli ponsel hanya demi mencoba jaringan 5G (di awal 2022), karena nanti akan kecewa lantaran jaringannya masih terbatas. Selain itu, apabila mendapatkan sinyal 5G, kecepatannya pun jauh dari ideal," kata Herry kepada KompasTekno.

Meski demikian, Herry mengatakan bahwa apabila pengguna ingin mengganti ponsel baru di 2022 ini dan kebetulan sudah mendukung jaringan 5G, hal itu boleh dipertimbangkan.

Baca juga: Ini Penyebab Kecepatan 5G di Indonesia Belum Kencang

Lantas, kriteria ponsel 5G seperti apa yang harus dibeli pengguna? Menurut Alessa, pengulas gadget dari kanal YouTube K2G, ponsel yang ditenagai dengan chipset terkini adalah pilihannya.

"Tidak perlu melihat embel-embel 5G, lihat chipset-nya saja. Karena, mayoritas smartphone baru memang ditenagai dengan chipset yang sudah mendukung 5G," ungkap Allesa. 

Seirama dengan Allesa, pengamat teknologi dan gadget dari komunitas Gadtorade, Lucky Sebastian mengatakan bahwa berbagai ponsel yang ditenagai dengan chipset terkini, terutama di kelas flagship, biasanya memang sudah mendukung 5G.

"Chipset yang sudah dilengkapi 5G, cenderung spesifikasinya lebih baik dibanding chipset sekelasnya di 4G. Saya pribadi biasanya akan memilih smartphone dengan chipset flagship terbaru, dan chipset flagship sekarang pasti sudah '5G Ready'," jelas Lucky.

Baca juga: 5G di Indonesia Diprediksi Baru Optimal Setelah TV Analog Dimatikan

Belum tentu bisa dipakai 5G

Meski chipsetnya sudah bagus dan mendukung 5G, berbagai ponsel yang dibeli pengguna belum tentu bisa menikmati layanan 5G dengan optimal, mengingat ketersediaannya di Indonesia yang masih terbatas.

Selain itu, masalah pembukaan (unlock) fitur 5G di spektrum tertentu pada sebuah ponsel juga saat ini masih menjadi penghalang untuk menikmati layanan 5G di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.