Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update WhatsApp di iPhone Bisa Sembunyikan dan Sortir Notifikasi

Kompas.com - 26/01/2022, 08:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp di ponsel berbasis iOS (iPhone) kini mulai mendapatkan pembaruan ke versi 22.2.75.

Ada sejumlah fitur baru yang digulirkan WhatsApp dalam pembaruan ini. Salah satunya adalah dukungan pada Focus Mode, fitur bawaan dari pembaruan sistem operasi iOS 15 yang sudah dirilis mulai September 2021 lalu.

Karena sudah mendukung Focus Mode, WhatsApp versi 22.2.75 sekarang disetting agar notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar ponsel, ketika sedang dalam mode "Focus".

Pengembang iOS 15, Apple menyediakan empat jenis profil focus mode bawaan di dalam fitur yang disebut "Focus Up", yaitu Do Not Disturb (DND), Personal, Work, dan Sleep. Namun, pengguna juga bisa menambahkan profil focus mode sesuai kebutuhannya.

Baca juga: Notifikasi WhatsApp iOS Bakal Munculkan Foto Profil Pengirim?

Dengan menggunakan Focus Up, pengguna dapat menyortir notifikasi yang masuk, seperti panggilan telepon, SMS, e-mail, notifikasi WhatsApp, dan lainnya, berdasarkan profil Focus yang sedang diaktifkan.

Notifikasi hasil penyortiran tadi akan disembunyikan dari layar, saat pengguna iPhone mengaktifkan mode Focus Mode.

Pengguna dapat terlebih dahulu mengatur beragam jenis notifikasi yang dapat ditampilkan atau disembunyikan pada setiap profil Focus.

Focus Mode di iOS 15The Verge Focus Mode di iOS 15
Sebagai contoh, dalam profil Focus mode "Personal" dan "Sleep", pengguna telah mengatur untuk tidak menerima notifikasi dari aplikasi yang bersangkutan dengan pekerjaan, termasuk aplikasi WhatsApp.

Jika Focus Mode "Personal" dan "Sleep" diaktifkan, maka pengguna iPhone tidak akan lagi menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp, termasuk pesan dan telepon masuk.

Dengan begitu, sesuai namanya, ketika dalam mode Focus, pengguna bisa fokus melakukan aktivitasnya. Misalnya dalam kasus ini, pengguna bisa fokus melakukan kegiatan pribadi dan tidak diganggu dengan urusan pekerjaan.

Baca juga: Dari Tampilan hingga Peta, Ini 10 Perbedaan iOS 15 dari iOS 14

Bila pengguna mengaktifkan focus mode, maka fitur ini akan secara otomatis diterapkan untuk perangkat iPad atau Apple Watch yang terhubung dengan iPhone pengguna.

Fitur ini dilaporkan bakal segera digulirkan ke pengguna iPhone dalam beberapa waktu ke depan. Agar bisa menyembunyikan notifikasi WhatsApp dengan focus mode, pengguna harus sudah melakukan pembaruan ke iOS versi terkini dari Apple.

Fitur baru untuk perekaman voice note

Fitur baru lain yang digulirkan pada WhatsApp versi 22.2.75 di iPhone berbasis iOS 15 adalah kemampuan baru dalam merekam pesan suara alias voice note.

Dengan pembaruan ini, saat merekam voice note, pengguna bisa menjeda proses perekaman, kemudian melanjutkan perekaman voice note sesuka hati pengguna. Hal ini dimungkinkan karena WhatsApp menyertakan tombol baru, yaitu "resume" untuk melanjutkan perekaman pesan suara.

Baca juga: Cara Cek Voice Note WhatsApp Sebelum Dikirim

Sebelum adanya tombol baru ini, pengguna tidak bisa melanjutkan proses perekaman voice note yang sudah dijeda dengan tombol "pause". Sebab hanya ada opsi tombol "stop" untuk menghentikan perekaman.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (26/1/2022), fitur baru voice note ini sudah mulai digulirkan secara bertahap ke pengguna iOS, dimulai dari pengguna yang berbasis di Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com