Kompas.com - 15/03/2022, 07:45 WIB

KOMPAS.com - Apple meluncurkan pembaruan sistem operasi iOS terbaru dalam versi 15.4. Melalui pembaruan ini, Apple menghadirkan sejumlah fitur menarik, mulai dari kemampuan pindai wajah meskipun pengguna memakai topeng, hingga emoji baru.

Fitur pemindai wajah atau disebut Face ID, kini mampu mendukung pemindaian wajah, meskipun pengguna mengenakan masker.

Dengan kata lain, pemindaian wajah untuk membuka kunci ponsel tetap dapat dilakukan meskipun beberapa bagian wajah tertutup masker.

Baca juga: Apa itu iOS? Mengenal Fungsi hingga Sejarahnya

Dalam praktiknya, Face ID memanfaatkan area sekitar mata untuk melakukan autentikasi. Oleh karena itu, Face ID akan terkendala ketika pengguna memakai kacamata atau topi yang agak menutupi area sekitar mata.

Apple sendiri menyatakan bahwa dengan mengaktifkan dukungan masker pada Face ID, memang akan mengurangi akurasi proses pemindaian wajah.

Selain membuka kunci layar ponsel, Face ID kini juga dapat dimanfaatkan pengguna saat memakai masker, untuk autentikasi pada aplikasi Apple Pay atau pada browser Safari. Artinya, pengguna dapat memilih opsi Face ID alih-alih memasukkan kata sandi untuk autentikasi.

Emoji baru

Pembaruan lainnya yaitu tambahan 37 karakter emoji baru yang mencakup emoji wajah, gerakan tangan, sampai perabotan rumah tangga. Apple juga menambahkan beberapa opsi warna kulit untuk emoji jabat tangan.

Baca juga: Daftar Emoji Baru iOS 15.4 Beserta Artinya

Ada pula pembaruan yang disebut Apple fitur "Tap to Pay". Fitur ini memungkinkan pengguna memanfaatkan NFC pada iPhone yang kompatibel, untuk melakukan pembayaran melalui Apple Pay.

Soal ketersediaannya, iOS 15.4 akan tersedia untuk semua perangkat yang kompatibel dengan iOS 15 (iPhone 6S atau lebih baru).

iPadOS 15.4 dan macOS 12.3

Tak hanya iOS 15.4, Apple juga menghadirkan pembaruan iPadOS 15.4 dan macOS 12.3. Keduanya kini dilengkapi dengan fitur "Universal Control".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.