Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil yang Ditumpangi Masuk Jurang, Pria Ini Selamat Berkat Ponsel Google Pixel

Kompas.com - 25/02/2021, 16:07 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pria asal AS bernama Chuk Walker harus berterima kasih pada ponselnya, karena sudah menyelamatkan dirinya dari insiden kecelakaan.

Dalam unggahan di media sosial Reddit, Walker membagikan kronologi kecelakaan yang dialaminya pada November 2020 lalu.

Walker menceritakan mobil alat berat berjenis loader yang dikendarainya terperosok ke dalam jurang, yang berada di pinggiran jalan di wilayah Missouri, AS. Mobil itu jatuh dalam posisi terbalik.

Baca juga: Selamat dari Serangan Jantung, Kakek Kirim Surat ke Bos Apple

Saat itu, Walker mengaku kesulitan untuk meminta pertolongan, sebab dirinya masih terjebak di dalam mobil tersebut. Ponsel yang dibawanya pun jatuh di luar jangkauannya.

Setelah berjam-jam lamanya, Walker berusaha mencari cara agar bisa keluar dari kendaraannya itu. Walker mengatakan bahwa saat itu ia sempat berteriak meminta pertolongan, namun tidak ada yang mendengar.

Insiden kecelakaan yang dialami oleh pria asal AS bernama Chuk Walker9to5google.com Insiden kecelakaan yang dialami oleh pria asal AS bernama Chuk Walker

Nasib baik masih memihak Walker, dan nasib baik itu datang dari ponselnya, yakni Google Pixel 4 XL, yang terlempar beberapa meter. Fitur Car Crash Detection yang terpasang di ponsel Google Pixel 4 XL milik Walker berhasil menyelamatkan dirinya saat itu.

Meski ponselnya terlempar cukup jauh, namun fitur Car Crash Detection mampu mendeteksi kondisi yang dialami penggunanya, seperti Walker. Fitur Car Crash Detection di Google Pixel 4 XL Walker pun memanggil nomor darurat secara otomatis.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets Now, Rabu (24/2/2021), Walker mengaku berkomunikasi dengan petugas keamanan melalui perangkat earbuds, yang masih terpasang di kupingnya.

Baca juga: Otak di Balik Canggihnya Kamera Google Pixel Hengkang

Setelah berhasil mengetahui lokasi kejadian, petugas keamanan akhirnya menghubungi Walker untuk menanyakan bagaimana kondisi dirinya saat itu.

Tak lama berselang, petugas pemadam kebakaran dari Southern Platte Fire Protection District, AS akhirnya datang menghampiri lokasi kejadian, untuk membantu Walker keluar dari mobilnya tersebut.

Atas insiden kecelakaan ini, Walker mengalami cedera patah tulang rusuk di bagian dada. Meski begitu, Walker bersyukur masih bisa selamat dari kejadian naas yang hampir merenggut nyawanya itu.

Fitur Car Crash Detection

Fitur Car Crush Detection di aplikasi Personal Safety9to5google.com Fitur Car Crush Detection di aplikasi Personal Safety

Sebagai informasi, Car Crash Detection merupakan salah satu fitur yang ada di aplikasi Personal Safety milik Google. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu pengguna tetap aman berkendara dan terhubung dengan kontak darurat.

Jika kendaraan pengguna tiba-tiba berhenti bergerak, atau ada sesuatu yang bermasalah, aplikasi ini akan mengeluarkan bunyi alarm dengan volume maksimal dan menanyakan kepada pengguna apakah mereka membutuhkan bantuan atau tidak.

Baca juga: Berkat Find My iPhone, Ponsel yang Hilang Setahun Bisa Kembali

Apabila pengguna tidak merespons, aplikasi akan memanggil kontak darurat 911 untuk segera mendeteksi lokasi terakhir yang dilalui oleh pengguna.

Nantinya, pengguna akan diberikan cara untuk memberi respons yang sesuai, tanpa harus berbicara. Pengguna cukup mengetuk salah satu dari dua pilihan bantuan yaitu Safety Check atau Emergency Sharing.

Sayangnya, aplikasi Personal Safety hanya tersedia bagi sejumlah pengguna ponsel Google Pixel 4 XL, Pixel 3, Pixel 5, Pixel 4a, dan Pixel 4a 5G. Belum diketahui, kapan aplikasi ini akan diperluas untuk seluruh pengguna smartphone berbasis Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com