Inikah Sosok di Balik Suara Alexa, Sang Asisten Virtual Speaker Pintar Amazon?

Kompas.com - 15/04/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Pengguna smart assistant mungkin sudah pernah mendengar nama seperti Siri, dan Google Assistant. Namun tidak seperti keduanya, nama Alexa mungkin kurang sepopuler kedua smart assistant itudi Indonesia.

Alexa adalah smart assistant virtual di dalam smart speaker Amazon Echo, sama seperti Siri di dalam beberapa produk Apple, dan Google Assistant dalam smartphone Android. Alexa mungkin kurang populer di Tanah Air lantaran Amazon Echo belum resmi dijual di Indonesia.

Sebagaimana Siri dan Google Assistant, Alexa bertugas untuk membantu pengguna untuk melakukan sesuatu seperti memutar lagu, memutar video di Youtube, atau mencari suatu kata di Google. Alexa juga merespon pada perintah yang diberikan melalui suara.

Baca juga: Huawei Bikin Asisten Digital Pesaing Google dan Alexa

Sama seperti Siri dan Google Assistant, Alexa diisi oleh suara perempuan dewasa. Namun, siapa sebetulnya seseorang yang menjadi sosok pengisi suara Alexa?

Untuk mengetahui siapa pengisi suara Alexa, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana suara Alexa itu dibuat.

Suara sintetis

Suara Alexa dibuat dengan menggunakan program dan analisa agar menghasilkan nada dan intonasi yang tepat. Suara Alexa bisa disebut sebagai suara sintetis, atau suara hasil rekayasa digital.

Namun, pembuatan suara Alexa tidak sepenuhnya dilakukan oleh mesin komputer. Harus ada suara asli yang menjadi acuan pembuatan suara Alexa.

Artinya, Amazon harus mencari sosok pengisi suara terlebih dahulu, kemudian pengisi suara harus merekam beberapa kata dan kalimat, untuk kemudian diolah menjadi bahan suara sintetis Alexa.

Baca juga: Alexa Kini Terima Perintah Suara di iPhone

Amazon selaku "pencipta" Alexa tidak pernah secara resmi merilis siapa yang menjadi pengisi suara asisten pintar dalam produk Amazon Echo tersebut. Namun, seorang jurnalis senior bernama Brad Stone, mengaku berhasil menemukan siapa sosok asli dibalik suara Alexa.

Nina Rolle, Suara Di Balik Alexaninarolle.com Nina Rolle, Suara Di Balik Alexa

Sosok di balik suara Alexa?

Adalah Nina Rolle, perempuan yang diduga kuat berada di balik suara Alexa. Rolle memang berprofesi sebagai pengisi suara (voice actor). Ia juga merupakan aktris dan penyanyi asal Colorado.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.