Kompas.com - 12/05/2022, 14:13 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan WhatsApp baru saja menggelontorkan fitur baru yang bernama “Reactions”.

WhatsApp Reactions atau bisa juga disebut dengan Reaksi Whatsapp, merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memberi tanggapan pada chat dari pengguna lain menggunakan emoji.

Baca juga: 2 Cara Reset PIN Verifikasi Dua Langkah WhatsApp, Bisa Tanpa E-mail

Setidaknya terdapat enam emoji yang bisa dipakai pengguna untuk menanggapi chat orang lain di ruang obrolan pribadi maupun grup, antara lain adalah emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut, hingga emoji kedua tangan simbol terima kasih.

Kehadiran WhatsApp Reaction telah diumumkan beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 5 Mei 2022. Kemudian berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur terbaru tersebut saat ini telah mulai bisa digunakan di Indonesia.

Kendati sudah mulai bisa digunakan, tapi kemungkinan besar beberapa pengguna belum kunjung menjumpainya di aplikasi WhatsApp untuk saat ini. Lantas, kenapa fitur Reaksi Whatsapp tidak muncul di aplikasi itu bisa terjadi?

Setidaknya terdapat dua alasan yang jadi penyebab fitur WhatsApp Reaction tidak muncul. Pertama, fitur ini tidak muncul bisa disebabkan karena pengguna belum memiliki versi aplikasi WhatsApp yang terbaru.

Perlu diketahui, fitur ini dirilis pada versi aplikasi WhatsApp 2.22.9.4 untuk Android dan WhatsApp 22.0.9.71 untuk iOS. Oleh karena itu, jika WhatsApp Reaction tidak muncul, cobalah untuk memeriksa versi aplikasi yang tengah digunakan saat ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

Alasan yang kedua adalah fitur ini digulirkan (roll out) secara bertahap, sehingga masalah WhatsApp Reactions tidak muncul bisa terjadi, meskipun pengguna telah memperbarui versi aplikasinya.

Dikutip dari laman resmi Wabetainfo, WhatsApp Reactions bakal bisa diakses secara menyeluruh oleh semua pengguna paling lama tujuh hari sejak fitur ini dirilis pertama kali.
Jadi, tunggulah hingga WhatsApp Reactions muncul secara otomatis di aplikasi.

Sementara itu, ciri-ciri apabila fitur ini sudah bisa diakses di aplikasi WhatsApp adalah munculnya menu berisi enam deret emoji saat menahan chat yang ingin ditanggapi, layaknya ingin membalas (reply) khusus pada chat tersebut.

Kemudian, bila menu itu telah muncul, pilihlah salah satu emoji yang mewakili tanggapan terhadap chat tersebut sebagai cara menggunakan fitur reaksi di WhatsApp. Setelah memilih, emoji bakal disematkan tepat di bawah chat yang baru saja ditanggapi.

Selesai mengirim tanggapan, penerima bakal mendapatkan notifikasi dengan pesan bahwa chat telah ditanggapi dengan emoji tertentu.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Bila fitur ini telah hadir di aplikasi WhatsApp, notifikasi atas tanggapan tersebut pun bisa diaktifkan atau dinonaktifkan lewat opsi “Pemberitahuan Reaksi” di menu pengaturan “Pemberitahuan”.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.