Kompas.com - 20/05/2022, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Setelah Amerika Serikat, Kanada berencana untuk memblokir teknologi Huawei di negaranya. Tidak hanya Huawei, Kanada juga akan memblokir perusahaan China lainnya, ZTE.

Pemblokiran dilakukan karena Kanada menilai perusahaan telekomunikasi milik pemerintah China, mengancam keamanan nasional negaranya.

Menurut laporan AP News, penyedia layanan internet wireless di Kanada akan dilaranng menginstal teknologi Huawei untuk menggelar jaringan 5G.

"Kami berencana melarang masuk Huawei dan ZTE untuk jaringan 5G kami," ujar Menteri Perindustrian Kanada, Francois-Philippe Champagne.

Baca juga: Trump Teken Larangan Penggunaan Huawei dan ZTE

Akibatnya, perusahaan teknologi yang telah menggunakan peralatan 5G dari Huawei dan ZTE diwajibkan untuk mencopot komponen tersebut hingga bulan Juni tahun 2024, tanpa mendapatkan ganti rugi dari negara.

Hal serupa juga berlaku bagi perusahaan yang selama ini menggunakan perlengkapan komunikasi 4G dari Huawei dan ZTE. Kanada akan meminta perusahaan tersebut untuk mencopot komponen asal dua pabrikan tersebut selambat-lambatnya hingga akhir 2027.

"Penyedia internet yang telah memasang peralatan ini (Huawei dan ZTE) akan diminta untuk berhenti dan melepasnya, sesuai rencana yang kami umumkan hari ini," imbuh Champagne.

Baca juga: Setelah Huawei, Pemerintah AS Incar Honor untuk Di-blacklist

Juru bicara kedutaan besar China di kanada mengatakan tudingan ancaman keamanan nasional yang dilayangkan ke Huawei adalah "dalih manipulasi politik" semata.

Kedutaan China juga menyebut Kanada bekerja sama dengan AS untuk menekan perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Sudah lama dipertimbangkan

Pemblokiran Huawei dan ZTE di Kanada cukup ditunggu-tunggu, terutama bagi negara sekutunya, seperti Amerika Serikat. Kanada menjadi satu-satunya negara dari aliansi intelejen, Five Eyes, yang belum melarang atau membatasi penggunaan peralatan Huawei dalam jaringan 5G di negaranya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.