Kompas.com - 24/05/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Mengunduh dan menggunakan sebuah aplikas di ponsel merupakan bagian tak terpisahkan dari penggunakan smartphone sehari-hari. Aplikasi dan ponsel dengan versi terbaik pun tidak terlepas dari berbagai masalah yang menghampiri.

Salah satunya adalah aplikasi yang digunakan tiba-tiba keluar sendiri atau force close. Penyebab aplikasi yang keluar sendiri biasanya disebabkan oleh penyimpanan internal ponsel yang sudah menipis, file cache yang menumpuk, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang tiba-tiba keluar tentu akan menghambat Anda saat menggunakannya. Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi yang keluar sendiri di HP Android? Untuk selengkapnya berikut ini beberapa cara mengatasinya.

Baca juga: Hati-hati, 200 Aplikasi Berbahaya Ini Beredar di Play Store

Restart ponsel

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan restart ulang ponsel. Cara satu ini merupakan metode lama yang sering juga Anda gunakan saat terjadi gangguan atau error pada aplikasi.

Hal tersebut karena melakukan restart ponsel akan membantu mengatasi berbagai bug atau error pada aplikasi. Setelah restart selesai, cobalah untuk membuka kembali aplikasi yang mengalami force close tersebut.

Hapus cache aplikasi

Seperti pada ulasan sebelumnya, penyebab aplikasi yang menutup tiba-tiba dikarenakan cache aplikasi yang menumpuk atau terlalu penuh. Maka dari itu hapus cache aplikasi Anda dengan cara berikut ini.

Masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Cari aplikasi yang mengalami force close > Pilih “Hapus data” > Bersihkan cache. Sebagai informasi, cara ini dilakukan pada HP Xiaomi 11T. Bisa jadi berbeda dengan ponsel Android atau iOS lain.

Menghapus beberapa aplikasi di ponsel Anda

Penyebab aplikasi keluar sendiri di HP Android bisa jadi karena penyimpanan internal ponsel penuh dan mempengaruhi kinerja aplikasi lainnya. Untuk mengatasi hal ini tentu Anda harus melakukan filter dan memilih beberapa aplikasi lain yang di-uninstal untuk melegakan ruang penyimpanan.

Untuk uninstal aplikasi caranya, masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Cari aplikasi yang ingin dihapus> Pilih “Uninstal”.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi biar Tak Diakses Sembarangan

Update aplikasi

Selain beberapa cara di atas, melakukan update aplikasi juga dapat mengatasi error atau bug salah satunya seperti aplikasi yang keluar secara tiba-tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.