Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Luncurkan Fitur Avatar yang Bisa Bersuara

Kompas.com - 08/06/2022, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - TikTok meluncurkan fitur Avatar baru di platformnya. Seperti fitur Avatar pada media sosial lainnya, fitur ini memungkinkan pengguna membuat replika dirinya dalam bentuk animasi 3D.

Avatar tersebut kemudian dapat dibagikan ke pengguna lainnya di TikTok. Bedanya dengan avatar yang dirilis platform lain, avatar di TikTok bisa ditambahi dengan rekaman suara pembuatnya.

"Kami senang melihat orang menggunakan Avatar untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan kami terus mengeksplorasi cara untuk membawa Avatar ke lebih banyak pengalaman di TikTok," tulis TikTok dalam postingan blog.

Fitur Avatar dapat ditemukan pada menu efek kamera TikTok. Dengan membuka kamera aplikasi dan menu efek, pengguna akan menemukan opsi "Avatar TikTok".

Klik opsi tersebut dan pengguna akan melihat template Avatar yang dapat digunakan untuk membuat Avatar dengan mudah.

Baca juga: Berapa Gaji Karyawan Netflix, TikTok, Twitch, dan Spotify?

Jika dirasa tidak cocok, pengguna juga bisa membuat Avatar yang dikustom dengan mengklik opsi "Baru".

Dari situ, pengguna dapat memilih berbagai gaya rambut, aksesori hingga riasan. Ada pula opsi beragam pakaian, warna kulit hingga warna dan tekstur rambut yang dapat dipilih pengguna untuk membuat avatar sendiri.

Ilustrasi fitur Avatar TiktokTikTok Ilustrasi fitur Avatar Tiktok

Selain visualnya, TikTok juga memungkinkan pengguna menambahkann efek suara avatar dengan merekam suaranya melalui mikrofon ponsel.

Ketika proses pembuatan avatar selesai, pengguna dapat menggunakan avatarnya untuk merekam video. Jadi, visual yang tampil dalam video bukan gambaran asli pengguna, melainkan dalam bentuk avatar.

Kendati demikian, avatar akan meniru gerakan yang ditampilkan pengguna saat merekam video.

Baca juga: Cara Mengetahui Pengguna yang Intip Profil TikTok Kita

Dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (8/6/2022), avatar di TikTok diluncurkan untuk semua pengguna secara global. Namun pantauan KompasTekno, fitur tersebut belum tersedia di Indonesia. Tampaknya fitut avatar TikTok akan tersedia secara bertahap.

TikTok ke depannya juga akan menyediakan opsi avatar mini yang dapat ditambahkan ke video. Ketika disematkan ke video, ukuran avatar mini dapat disesuaikan dan ditempatkan di mana saja sebagaimana stiker di Instagram.

Menariknya ekspresi dari avatar mini dapat disesuaikan, sesuai dengan macam-macam ekspresi yang disediakan TikTok.

Susul Snapchat, Facebook dan Instagram

Fitur avatar sebenarnya sudah diadopsi cukup lama oleh perusahaan media sosial seperti Snapchat, Facebook dan terbaru Instagram. Di Snapchat, fitur ini disebut sebagai Bitmoji dan sudah tersedia sejak tahun 2016.

Baca juga: TikTok Uji Coba Fitur Live Subscription, Cara Baru Kreator Cari Uang

Facebook kemudian menghadirkan fitur avatar 3D pada platformnya pada tahun 2020. Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp dan Instagram juga membawa fitur tersebut ke Instagram pada Februari lalu dan tersedia di Indonesia sejak Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com