Kompas.com - 11/06/2022, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi PT Telkom Indonesia (Telkom) berencana membangun pusat data (data center) di beberapa kota di Tanah Air. Salah satunya adalah Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Namun, Telkom masih belum mengungkap di mana persisnya lokasi pembangunan data center, kapam proyek akan dimulai, dan berapa nilai investasi yang akan digelontorkan.

Selain di IKN, Telkom juga akan membangun data center di Batam, Kepulauan Riau. CEO NeutraDC, Andrew Th. A.F mengatakan, pembangunan data center di Batam tidak hanya bertujuan untuk menangkap peluang bisnis di Batam saja, tapi juga Singapura.

Baca juga: AWS Resmikan Data Center di Indonesia, Investasi hingga Rp 71 Triliun

Adapun NeutraDC adalah anak perusahaan Telkom yang bergerak di bisnis data center.

“Jadi di Batam itu satu untuk menangkap market. Kedua tadi kenapa Singapura itu juga jadi market karena ekonomi dan segala macamnya stabil ya,” kata Andreuw dalam acara media briefing di Sleman, Rabu (8/6/2022).

Lebih lanjut, Andreuw mengatakan, Singapura adalah salah satu negara pusat data di Asia-Pasifik, selain Jepang, dan Hong Kong. Menurut firma riset Structure Research, di Singapura terdapat 60 data center yang terdaftar.

Akan tetapi, pemerintah Singapura sempat melakukan moratorium pembangunan data center baru sejak tahun 2019. Dirangkum dari Channel News Asia, moratorium ini dilakukan atas pertimbangan penghematan energi, karena pusat data mengonsumsi daya dalam kapasitas yang cukup besar.

Tahun lalu, data center di Singapura, disebut menyumbang 7 persen dari total konsumsi listrik di negara tersebut, menurut data dari Kementrian Perdagangan dan Perindsutrian Singapura.

Awal tahun ini, moratorium tersebut telah dicabut, namun pembangunan pusat data di Singapura akan lebih diperketat. Di sisi lain, permintaan akan kebutuhan pusat data semakin tinggi.

Baca juga: Resmi, Microsoft Bakal Bangun Data Center Pertama di Indonesia

Celah inilah yang akan dimaksimalkan oleh NeutraDC dengan membidik Batam. Sebab, perusahaan-perusahaan data center, melirik Batam untuk membangun pusat data baru di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.