Gimbal DJI RS 3 dan RS 3 Pro Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 25/06/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Erajaya Group selaku distributor resmi DJI di Indonesia, membuka keran penjualan handheld stabilizer atau gimbal dari keluarga Ronin S series, yakni DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro.

Kedua gimbal tersebut pertama kali diperkenalkan secara global pada pertengah Juni lalu. DJI RS 3 merupakan gimbal penerus dari DJI RSC 2 yang dirilis pada 2020 lalu. Sementara DJI RS 3 Pro ini merupakan suksesor dari DJI RS 2 keluaran 2020.

Di antara keduanya, DJI RS 3 Pro memiliki fitur lebih mumpuni karena sudah diwarisi sensor LiDAR (Light Detection and Ranging) dari kamera sinema profesional, Ronin 4D.

Sensor LiDAR sendiri merupakan teknologi peraba optik yang menggunakan pulsacahaya, untuk mengukur jarak benda/obyek di sekitarnya. Kehadiran sensor LiDAR memungkinkan kamera sinema ini mengunci fokus dengan cepat.

Baca juga: Gimbal Smartphone DJI Osmo Mobile 5 Masuk Indonesia, Harganya Rp 2,5 Juta

Teknologi LiDAR di DJI RS 3 Pro disebut dapat memindai, mengenali, serta mengetahui jarak obyek yang dibidik dengan menggunakan 43.200 titik dalam jarak lebih kurang 14 meter.

Mode pengoperasian LiDAR di DJI RS 3 Pro ini terdiri dari auto, manual, dan Automated Manual Focus khas DJI. Teknologi LiDAR diklaim bisa menjaga fokus agar gambar tetap tajam meski dalam kondisi minim cahaya.

DJI RS 3 Pro sendiri memiliki bobot 1,5 kg disebut sanggup menopang kamera dan lensa hingga 4,5 kg. Sedangkan DJI RS 3 memiliki bobot 1,3 kg dan mampu menopang beban maksimal hingga 3 kg.

DJI RS 3.dji.com DJI RS 3.
Selebihnya, DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro memiliki sejumlah spesifikasi yang serupa. Misalnya, keduanya dibekali layar OLED sentuh berukuran 1,8 inci untuk mengoperasikan gimbal.

Keduanya gimbal 3-Axis ini sudah dilengkapi dengan pengunci sumbu otomatis.

DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro sudah dilengkapi fitur baru seperti tombol rana Bluetooth untuk memulai perekaman secara nirkabel atau wireless.

Ada pula tombol fisik baru untuk mengatur tiga mode gimbal, yaitu pan follow (PF), pan dan tilt follow (PTF), serta first person view (FPV).

Baca juga: DJI Mini 3 Pro Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 12 Jutaan

Harga dan ketersediaan

Dalam keterangan resmi Erajaya yang diterima KompasTekno, Sabtu (25/6/2022), gimbal DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro bisa dipesan (pre-order) di Indonesia mulai hari ini, 25 Juni hingga 8 Juli 2022. 

Adapun pengambilan atau pengiriman unit yang sudah dipesan akan dimulai pada 9 Juli 2022.

Pre-order dapat dilakukan secara offline melalui toko distributor resmi DJI maupun secara online melalui marketplace rekanan. 

Di Indonesia, gimbal DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro dijual ditawarkan dalam dua versi, yakni biasa dan combo. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 7,45 juta hingga paling mahal Rp 17,4 juta.

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian paket pembelian DJI RS 3 dan DJI RS 3 Pro beserta harganya di Indonesia:

Paket pembelian Harga Keterangan
DJI RS 3 Rp 7.449.000 Termasuk 1 unit Gimbal, Pegangan BG21, Kabel
Pengisi Daya USB-C, Alat Bantu Pengencang Lensa,
Pegangan Tambahan/Tripod (Plastik), Pelat Pelepas
Cepat, Kabel Kontrol Multikamera, dan Screw Kit.
DJI RS 3 Combo Rp 9.689.000 Termasuk 1 unit Pegangan Tas, Focus Motor (2022),
Focus Motor Rod Kit, Strip Gear Focus, Kabel Kontrol
Multikamera kedua, dan satu Tas.
DJI RS 3 Pro Rp 13.660.000 Termasuk 1 unit Gimbal, Pegangan BG30, Kabel
Pengisi Daya USB-C, Alat Bantu Pengencang Lensa
(Tambahan), Pegangan Tambahan/Tripod (Logam),
Pelat Pelepas Cepat, Pegangan Tas, Kabel Kontrol
Multikamera, Screw Kit, dan Tas.
DJI RS 3 Pro Combo Rp 17.390.000 Termasuk satu Plat Pelepas Cepat Tambahan,
Tempat Ponsel, Focus Motor (2022), Focus Motor
Rod Kit, Strip Gear Focus, Pemancar Gambar Ronin
(sebelumnya dikenal sebagai Sistem Transmisi
Gambar DJI RavenEye), dua Tali Perekat, dan kabel
tambahan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.