Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 28/06/2022, 10:38 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna mengeluhkan harga layanan pengiriman makanan online seperti GoFood dan GrabFood yang dikeluhkan semakin mahal.

Layanan yang disediakan oleh dua startup teknologi tersebut bahkan menambahkan biaya yang disebut "platform fee" atau biaya aplikasi di samping biaya pengantaran hingga komisi bagi perusahaan yang diambil dari merchant.

Sejumlah pengguna layanan pesan-antar makanan online ini mengeluhkan soal biaya yang kian mahal di Twitter.

Di antara keluhan yang diungkapkan pengguna di Twitter salah satunya ongkos kirim (ongkir) yang bahkan terkadang lebih mahal dibanding harga makanannya.

Baca juga: Saat Pengguna GoFood dan GrabFood Keluhkan Tingginya Selisih Harga di Aplikasi dengan Resto...

Selain itu, ongkir GoFood maupun GrabFood juga dinilai semakin tinggi. Padahal, jaraknya tak sampai 1 kilometer.

Di Twitter, salah satu pengguna mempertanyakan ongkir GoFood saat ini yang dinilai begitu mahal, meskipun ia sudah mendapat diskon hingga 50 persen.

Pengguna lainnya mengeluhkan bermacam biaya yang harus dibayarkan seperti platform fee dan biaya pengiriman. Padahal ia hanya membeli makanan berupa takoyaki senilai Rp 12.000.

Ada pula yang mengeluhkan harga item makanan di aplikasi yang jauh lebih mahal dibanding harga aslinya jika pengguna berkunjung langsung atau dine in.

Harganya menurut salah satu pengguna GrabFood maupun GoFood, terkadang lebih mahal meskipun sudah mendapat diskon dari aplikasi hingga 30 persen.

Hal serupa dengan juga disampaikan oleh salah satu pengguna GoFood bernama Galuh.

Di samping biaya pengantaran yang lebih mahal, ia juga mengeluh tentang biaya tambahan lain yang dibebankan kepada pengguna di antaranya seperti biaya aplikasi (platform fee), biaya pemesanan (order fee), hingga biaya pengemasan (packing charge).

"Dahulu sepertinya biaya tambahannya tidak sebanyak sekarang. Karena banyak tambahan biaya, total yang harus dibayar juga otomatis semakin lebih mahal dibanding dahulu," kata Galuh kepada KompasTekno.

Sementara Tia, seorang pengguna GoFood di wilayah Tangerang, misalnya, berkata harga makanan yang tertera di GoFood bisa berbeda sekitar RP 2.000 - 10.000, tergantung restorannya.

"Kalau dikonfirmasi ke restorannya, mereka bilang itu biaya aplikasi dari platform online-nya," ujar Tia.

Pengguna lainnya bernama Rita, yang kerap memakai GrabFood dan tinggal di dearah Tangerang Selatan, juga mengatakan hal serupa. Dia menyebut bahwa perbandingan harga restoran dengan aplikasi bisa berkisar Rp 5.000 - 10.000.

Baca juga: Pengamat: Bukan Makin Mahal, Harga GoFood-GrabFood Makin Normal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com