Pengamat: Bukan Makin Mahal, Harga GoFood-GrabFood Makin "Normal"

Kompas.com - Diperbarui 04/07/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Belakangan, harga layanan pesan antar makanan dari ojek online (OjolFood) macam GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood dikeluhkan semakin mahal.

Di Twitter, sejumlah pelanggan mengeluhkan biaya yang dikeluarkan untuk layanan OjolFood kini lebih mahal dibanding sebelumnya.

Musababnya, karena banyaknya tambahan biaya lain yang di bebankan pengguna, di luar harga makanan dan ongkos kirim. Sebut saja seperti biaya aplikasi (platform fee), biaya pemesanan (order fee), hingga biaya pengemasan (packaging charge).

Sejumlah pengguna juga mengeluhkan minimnya promo diskon dan biaya ongkos kirim yang semakin mahal. Keluhan pengguna ini bisa dengan mudah ditemukan dengan memasukkan kata kunci "OjolFood mahal" di kolom pencarian Twitter.

Baca juga: Grab dan Gojek Tanggapi Keluhan Harga GoFood dan GrabFood yang Dinilai Makin Mahal

Lantas, sebenarnya apa yang sebenarnya terjadi di balik harga "OjolFood" yang dikeluhkan semakin mahal ini?

Pengamat Marketing & Managing Partner Inventure, Yuswohady pun buka suara terkait hal ini. Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat harga layanan makanan di GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood berbeda dibandingkan sebelumnya. Apa saja?

Selesainya era "bakar duit"

Yuswohady menjelaskan, selama ini, startup selalu berorientasi pada traction (momentum perkembangan startup untuk meningkatkan penjualan dan menambah basis pelanggan), bukan keuntungan (profitable).

Untuk mengejar traction, menurut Yuswohady, startup menggunakan cara-cara yang instan, yaitu strategi harga murah. Caranya dengan memangkas harga dengan menyediakan berbagai promo, seperti diskon, cashback, hingga gratis ongkos kirim.

Hal inilah yang dilakukan oleh Gojek, Grab, dan Shopee terhadap layanan pesan antar makanan di platformnya masing-masing.

"Pemangkasan harga itu dilakukan dengan subsidi yang didapatkan dari investor, yakni melalui bakar duit itu sebenarnya," kata Yuswohady.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.