Resmi, Pesan Sekali Lihat di WhatsApp Tidak Bisa Di-screenshot Lagi

Kompas.com - 09/08/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp biasanya mengabil screenshot pesan sekali lihat (view once) untuk mengakali agar pesan tersebut bisa kembali dilihat meski sudah terhapus.

Kini, akal-akalan itu tidak bisa lagi dilakukan. Sebab, WhatsApp menegaskan bahwa kini pengguna tidak bisa lagi mengambil tangkapan layar (screenshot) pada pesan yang dikirimkan melalui fitur "View Once" (sekali lihat).

WhatsApp resmi memperkenalkan sejumlah fitur privasi baru di platformnya berupa pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat.

"Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp, salah satunya adalah pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat," kata CEO Meta Mark Zuckerberg, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: WhatsApp Perpanjang Batasan Waktu Hapus Pesan untuk Semua

"Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," lanjut dia.

Pihak WhatsApp mengatakan, pesan yang dikirim melalui fitur sekali lihat, secara otomatis akan dilindungi dari upaya tangkapan layar. Sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman.

Tampilan fitur View Once anti-screenshot. Pengguna bakal melihat notifikasi ini bila mencoba mengambil tangkapan layar dari foto/video yang dikirim dengan fitur View Once (Sekali Lihat).dok. WhatsApp Tampilan fitur View Once anti-screenshot. Pengguna bakal melihat notifikasi ini bila mencoba mengambil tangkapan layar dari foto/video yang dikirim dengan fitur View Once (Sekali Lihat).
Nantinya, ketika pengguna membuka foto/video View Once lalu mencoba mengambil screenshot, layar bakal menampilkan notifikasi berbunyi "Tangkapan layar diblokir untuk privasi tambahan", seperti gambar di samping.

Sehingga, konten tidak bisa didokumentasikan dengan screenshot.

Saat ini, kata pihak WhatsApp, fitur anti-screenshot ini sedang diuji dan akan segera diluncurkan.

Kendati demikian, WhatsApp belum mengungkap jadwal ketersediaan fitur ini untuk seluruh pengguna WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Keamanan yang Lebih Kuat untuk Cegah Peretasan?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.