Resmi, Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Keluar Grup Diam-diam

Kompas.com - Diperbarui 10/08/2022, 11:40 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah fitur "tinggalkan grup tanpa notifikasi". Sesuai namanya, pengguna WhatsApp yang tergabung ke dalam sebuah grup, dapat meninggalkan ruang obrolan secara diam-diam.

Pasalnya, ketika pengguna "leave group" (meninggalkan grup), tidak akan muncul notifikasi di dalam ruang obrolan. Hal itu berbeda dengan selama ini, di mana setiap ada anggota grup yang keluar, akan muncul notifikasi berbunyi "(nomor/nama kontak) keluar" di ruang obrolan.

Sehingga seluruh anggota grup tahu bahwa seseorang telah meninggalkan grup. Untuk sebagian pengguna WhatsApp, kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sungkan atau tidak nyaman.

Baca juga: WhatsApp Perpanjang Batasan Waktu Hapus Pesan untuk Semua

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada yang bakal mengetahui sama sekali apabila ada anggota grup yang keluar. Sebab, admin grup masih akan tetap mendapatkan notifikasi jika salah satu anggotanya keluar dari grup.

CEO Meta, Mark Zuckerberg mengatakan, fitur-fitur baru WhatsApp yang dirilis, termasuk meninggalkan grup tanpa notifikasi, bertujuan untuk meningkatkan privasi pengguna.

"Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," kata Zuckerberg dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Keamanan yang Lebih Kuat untuk Cegah Peretasan?

Fitur-fitur ini juga hadir untuk memberikan pengguna kendali dan privasi atas pesan mereka di platform WhatsApp.

"Dalam beberapa tahun ini kami telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman. Fitur-fitur baru ini adalah salah satu cara kami terus memenuhi komitmen untuk menjaga privasi pesan,” kata Ami Vora, Head of Product di WhatsApp dalam keterangan resminya.

WhatsApp belum memberikan penjelasan, apakah fitur ini sudah digulirkan secara merata ke seluruh pengguna atau diluncurkan secara bertahap.

Baca juga: 3 Fitur Baru Whatsapp untuk Voice Note, Sudah Coba?

Ilustrasi WhatsAppbusinessinsider.com Ilustrasi WhatsApp

Menghilangkan status online

Selain fitur tinggakan grup WhatsApp diam-diam, WhatsApp juga meluncurkan fitur lain, yakni menyembunyikan status online dan memblokir pesan sekali lihat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.