Kompas.com - 18/09/2022, 18:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Anda pasti sering mendengar istilah-istilah dari dunia situs web (website) salah satunya URL. Mungkin saat berselancar di internet Anda selalu bertemu dengan istilah tersebut.

Lalu apa sebenarnya URL itu, apa fungsi dari URL dan apa saja contoh-contoh URL? Berikut ini KompasTekno  akan membahas URL secara umum.

Baca juga: Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian URL

URL atau Uniform Resource Locator sederhananya adalah sebuah alamat situs web (website). URL terdiri dari beberapa bagian termasuk nama domain untuk memberitahu browser web bagaimana dan dimana mengambil informasi yang diperlukan.

Sederhananya, URL berfungsi sebagai alamat menuju situs web yang Anda inginkan. Anda perlu untuk memasukan alamat tersebut di dalam addres bar untuk menuju halaman yang ingin Anda lihat.

Di bagian pertama URL mengidentifikasi protokol (scheme) yang berfungsi sebagai media akses utama. Bagian kedua URL mengidentifikasi alamat IP atau nama domain dan bagian terakhir dinamakan subdomain yang berfungsi sebagai tempat halaman yang akan Anda tuju. Lalu, apakah URL dan domain itu sama?

Jika diumpamakan situs web (website) adalah sebuah rumah dan untuk menuju rumah tersebut Anda memerlukan alamat yang lengkap. Nah, alamat ini lah dalam istilah di website disebut sebagai URL.

Dalam alamat tersebut terdapat juga istilah domain, dan domain diibaratkan sebagai nama pemilik rumah atau nomor rumah saja, informasi yang diberikan tidak selengkap URL. Sehingga jawabannya adalah domain dan URL tidak sama.

Baca juga: Cara Mengganti URL Kanal YouTube agar Lebih Mudah Diingat

Bagian-Bagian dan Fungsi URL

Di atas sudah kita ketahui mengenai beberapa fungsi dari bagian URL, maka dapat disimpulkan bahwa adanya URL memberikan kemudahan para pengguna atau usernya dalam menjelajahi internet.

URL juga dapat memberikan user experience sehingga perlu untuk Anda memperhatikan pemilihan nama alamat website Anda.

Saat mendesain URL, ada teori berbeda tentang cara penamaannya. Misalnya, di jalur URL, nama negara, tanggal, penulis, dan topik dapat dimasukkan dalam bagian yang disebut sebagai "slug". Dapat kita ambil contoh URL: https://www.netflix.com/id-en/

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.