Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting APN XL di HP dengan Mudah buat Akses Internet

Kompas.com - 10/10/2022, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber xl.co.id

KOMPAS.com - Mengatur atau setting APN (Access Point Name) dari jaringan seluler XL di handphone (HP) perlu dilakukan oleh pengguna. Untuk diketahui, APN sendiri adalah sistem pengaturan nama koneksi di HP.

Sistem pengaturan tersebut berfungsi untuk menghubungkan jaringan seluler operator di HP dengan jaringan internet. Tiap operator seluler umumnya memiliki pengaturan nama APN untuk HP, tak terkecuali XL.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu XL dengan Mudah via Live Chat Maya

Dengan demikian, pengguna layanan XL juga perlu menambahkan pengaturan APN di HP agar bisa mengakses internet dari jaringan seluler, di samping harus memiliki kuota data yang cukup. Lantas, bagaimana cara mengatur APN XL di HP?

Setting APN XL umumnya bakal ditambahkan secara otomatis saat HP terhubung dengan jaringan seluler. Namun, dalam kondisi tertentu, tak menutup kemungkinan juga, pengguna harus setting APN XL di HP secara manual.

Untuk setting APN XL, caranya bisa berbeda antara HP Android dengan iPhone. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara setting APN XL di HP Android dan iPhone bisa dibaca di bawah ini.

Cara setting APN XL di HP

Setting APN XL di Android

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  • Lalu, buka menu pengaturan yang bertajuk semacam ini “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network Settings”.
  • Kemudian, pilih jaringan seluler XL yang tengah digunakan saat ini dan klik opsi “APN”.
  • Ketik kode APN XL ini “Internet” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia.
  • Di halaman pengaturan, selain kolom nama APN, umumnya juga terdapat kolom password dan username. Namun, dua kolom (password dan username) tersebut dikosongkan saja.

Setting APN XL di iPhone

  • Buka menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Seluler” dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman formulir pengaturan APN.
  • Ketik kode APN XL ini “Internet” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kolom password dan username yang tersedia juga dikosongkan saja atau tak perlu diisi.

Setelah mengisi nama APN XL, baik di HP Android maupun iPhone, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut. Kini, APN XL berhasil ditambahkan di HP dan bisa dicoba untuk mengakses internet dengan jaringan seluler.

Cukup mudah bukan untuk setting APN XL di HP? Demikianlah penjelasan seputar cara setting APN XL supaya bisa mengakses internet di HP Android dan iPhone dengan jaringan seluler, sebagaimana dilansir laman resmi XL.

Baca juga: 2 Cara Cek Nomor XL via Aplikasi MyXL dan Kode UMB dengan Mudah

Sebagai informasi tambahan, APN pada dasarnya juga tersedia di operator-operator lain, tak hanya XL. Namun, pengaturannya bisa berbeda-beda tiap operator. Misalnya, pengaturan APN Indosat adalah “Indosatgrps”, sedangkan Telkomsel “Internet”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber xl.co.id
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com