Kompas.com - 26/10/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Samsung mulai menggelontorkan antarmuka (UI) terbarunya, OneUI 5.0. Perangkat pertama yang mendapat update ini adalah smartphone dari lini Galaxy S22 series, yaitu Galaxy S22, S22 Plus, dan S22 Ultra.

Update tampilan antarmuka tersebut diungkap perusahaan melalui video singkat berdurasi 2 menit 16 detik di kanal YouTube Samsung dengan judul “One UI 5: Official Introduction Film | Samsung”.

Dalam video tersebut, Samsung memperkenalkan sejumlah fitur baru yang dibawa oleh OneUI 5.0. Salah satunya fitur personalisasi layar lockscreen yang mirip iOS 16.

Baca juga: 6 Fitur Baru iOS 16.1, Termasuk Bisa Tampilkan Persentase Baterai dalam Bar di Semua iPhone

Di detik ke-46, Samsung “mengejek” Apple dengan memunculkan sebuah pernyataan “Trully make it your own”. Pernyataan tersebut seolah menjadi jawaban pernyataan Apple saat memperkenalkan iOS 16-nya, yaitu “Make iPhone Your Own”.

Fitur-fitur One UI 5 yang dihadirkan Samsung juga memiliki kemiripan dengan fitur-fitur iOS 16 Apple. Fitur pertama yang diperkenalkan adalah pengguna dapat melakukan personalisasi lockscreen pengguna, meskipun layar ponsel sedang terkunci.

Pengguna tidak perlu mengunjungi “Settings” (Pengaturan) untuk melakukan perubahan layar lockscreen. Ringkasnya, fitur tersebut mirip dengan iOS 16 yang memungkinkan pengguna melakukan personalisasi terhadap layar lockscreen mereka.

Fitur yang dihadirkan memungkinkan pengguna melakukan personalisasi layar kunci (lockscreen) saat smartphone dalam keadaan terkunciSamsung Fitur yang dihadirkan memungkinkan pengguna melakukan personalisasi layar kunci (lockscreen) saat smartphone dalam keadaan terkunci

Fitur kedua, pengguna dapat menggunakan video sebagai foto latar (wallpaper) perangkat. Pilihan lainnya, pengguna dapat menggunakan template yang sudah disediakan oleh sistem melalui fitur “Dynamic Wallpaper”.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Dunia Kuartal III-2022, Apple Ancam Samsung

Jadi, foto latar akan berganti secara otomatis, bergantung pada foto yang dipilih sebelumnya.

OneUI 5.0 juga meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas perangkat. Misalnya, pengguna dapat mengerjakan tugas/membuka aplikasi sekaligus dalam layar yang sama.

Layar perangkat akan terbagi ke dalam beberapa jendela aplikasi. Jendela aplikasi tersebut akan menyesuaikan jumlah aplikasi yang dijalankan pengguna. Misal ada dua aplikasi yang dijalankan, maka layar akan menampilkan aplikasi satu di sisi atas, dan aplikasi kedua di bagian bawahnya.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.