Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Chat WhatsApp yang Perlu Diketahui, Termasuk Tanda Lingkaran Garis Putus

Kompas.com - 31/10/2022, 11:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, memiliki beberapa tanda pada chat. Tanda tersebut berfungsi untuk menunjukan keterangan atau status chat yang diterima dan dikirim oleh pengguna.

Baca juga: Selain Muncul Lingkaran Hijau di Foto Profil WhatsApp, Ada Pula yang Warna Biru, Apa Bedanya?

Di aplikasi WA saat ini, setidaknya terdapat lima tanda chat yang perlu diketahui. Adapun kelima tanda chat WhatsApp tersebut adalah sebagai berikut:

Setiap tanda chat WhatsApp tersebut bakal di ujung kiri atau kanan bubble chat. Kelima tanda chat WhatsApp di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Dari kelima tanda chat WhatsApp tersebut, sebagian pengguna mungkin belum memahami semua fungsinya. Bila ingin mengetahui fungsinya lebih lanjut, berikut adalah penjelasan soal tanda chat WhatsApp.

5 tanda chat WhatsApp yang perlu diketahui

1. Tanda centang satu

Ilustrasi tanda centang satu di WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi tanda centang satu di WhatsApp.

Tanda centang satu memiliki fungsi untuk menunjukkan bahwa chat telah berhasil terkirim, namun belum diterima atau masuk ke akun WhatsApp pengguna lain. Tanda ini umumnya muncul ketika akun WhatsApp pengguna lain sedang dalam kondisi tidak aktif.

2. Tanda centang dua abu-abu

Ilustrasi tanda centang dua abu-abu.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi tanda centang dua abu-abu.

Tanda centang dua abu-abu memiliki fungsi untuk menunjukkan bahwa chat telah berhasil terkirim dan masuk ke akun WhatsApp pengguna lain. Namun, chat dengan tanda ini belum diketahui apakah telah dibaca oleh pengguna lain yang menerimanya.

3. Tanda centang dua biru

Ilustrasi tanda centang dua biru di WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi tanda centang dua biru di WhatsApp.

Tanda centang dua biru berfungsi untuk menunjukkan chat telah berhasil terkirim dan masuk ke akun WhatsApp pengguna lain. Tanda ini muncul ketika chat yang masuk telah dibaca oleh pengguna lain.

4. Tanda jam dinding

Ilustrasi tanda jam dinding di WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi tanda jam dinding di WhatsApp.

Tanda jam dinding menunjukkan bahwa chat tengah tidak terkirim atau “pending”. Tanda jam dinding akan muncul ketika pengirim chat tidak memiliki koneksi internet yang memadai. Atau, bisa juga muncul saat aplikasi WhatsApp eror, akhirnya tak bisa buat berkirim pesan.

5. Tanda lingkaran garis putus

Ilustrasi tanda lingkaran garis putus di WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi tanda lingkaran garis putus di WhatsApp.

Terakhir, tanda lingkaran garis putus memiliki fungsi untuk menunjukkan bahwa terdapat chat balasan dari pengguna lain pada unggahan status WA. Penerima chat hanya dapat melihat tanda lingkaran garis putus tersebut di halaman muka aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Muncul Tanda Lingkaran Hijau di Foto Profil WhatsApp, Apa Artinya?

Demikianlah penjelasan seputar lima tanda chat WhatsApp yang perlu diketahui, mulai tanda centang satu hingga tanda lingkaran garis putus, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com