Kompas.com - 04/11/2022, 09:45 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan penyelenggara multipleksing atau TV swasta membagikan set top box (STB) gratis bagi sejumlah rumah tangga miskin (RTM) di Indonesia.

STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan di TV analog. Dengan alat ini, masyarakat tetap dapat menggunakan TV analog atau smart TV-nya untuk menangkap siaran TV digital.

Baca juga: Link dan Cara Mengajukan Bantuan STB TV Digital Gratis dari Pemerintah

Namun demikian, sejumlah warga yang berhak belum mendapatkan STB gratis tersebut. Guna mengatasi kendala tersebut, Kominfo membentuk Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Melalui fasilitas ini, RTM yang berhak menerima bantuan tetapi belum kebagian karena kendala di lapangan bisa mengajukan STB gratis secara mandiri.

Baca juga: Cek di Sini Apakah Anda Bisa Dapat STB Gratis

Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dibuka sejak 2-4 November 2022 pukul 08.00 - 19.00 WIB. Berikut enam lokasi pembagian STB TV digital gratis dari Kemenkominfo.

No Wilayah Lokasi Posko
1 DKI Jakarta - 082123816097 The Akmani Hotel
(M-Floor, Ruang Venezia 2) Jl. H. Wahid Hasyim No. 9, Kota Adm. Jakarta Pusat
2 Kota Depok - 082123816099 Hotel Bumi Wiyata
(Lt. Dasar Ruang Wahidin)
Jl. Margonda Raya No.281, Kota Depok
3 Kota/Kabupaten Bekasi - 082123816095 Hotel Amaroossa Grande
(Lt. Lobby, Ruang Taj Mahal) Jl. A. Yani No.88 Kota Bekasi
4 Kota/Kabupaten Tangerang - 082123816096 Hotel Novotel
Lt. PL, Ruang Eureka
Jl. Jenderal Sudirman No.1, Kota Tangerang
5 Kota Tangerang Selatan - 082123816098 Grand Zuri BSD City
Lt.2 Ruang Mulia 4
Jl. Pahlawan Seribu, Kota Tangerang Selatan
6 Kota/Kabupaten Bogor - 081212820047 Hotel Salak The Heritage
Lt.2 Ruang Batu Tulis, Lt.1 Ruang Burangrang
Jl. Ir. H. Juanda No.8, Kota Bogor


Perlu dicatat bahwa masyarakat juga perlu memastikan terlebih dahulu apakah ia terdaftar sebagai penerima bantuan STB gratis.

Baca juga: Sudah Pasang Set Top Box tapi Tidak Ada Sinyal Siaran TV Digital, Apa Sebabnya?

RTM yang menjadi calon penerima bantuan STB adalah yang terdaftar di dalam desil 1 data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Khusus Provinsi DKI Jakarta, kriterianya adalah RTM yang telah terdaftar pada data carik desil 1 Provinsi DKI Jakarta.

Untuk memastikan apakah Anda terdaftar sebagai penerima bantuan, bisa mengunjungi situs Bantuan STB. Berikut rinciannya:

  • Buka website https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/ Masukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia
  • Klik “Pencarian”
  • Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka masyarakayt dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli
  • Bila mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko

Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) mulai dilakukan pada Rabu malam 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

Siaran TV analog yang sudah dinikmati masyarakat Indonesia selama lebih dari 60 tahun itu kemudian dialihkan ke siaran TV digital.

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), akan menjadi wilayah pertama yang migrasi ke siaran TV digital sepenuhnya mulai hari ini, Kamis, 3 November 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.