Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar HP Mendadak Jadi Ungu, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - Diperbarui 30/11/2022, 08:49 WIB

KOMPAS.com - Di Twitter, belakangan ini ramai pembicaraan seputar layar touchscreen handphone (HP) berubah jadi berwarna ungu secara tiba-tiba. Pembicaraan tersebut bermula pada twit yang diunggah oleh akun base @tanyarlfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Ramai di Medsos, Begini Cara Edit Foto Wajah Jadi Anime dengan FacePlay

Di twit tersebut, pengirim mengaku apabila layar HP miliknya tiba-tiba berubah warna menjadi ungu saat bangun tidur. Pengirim menyertakan pula foto yang menggambarkan kondisi HP-nya.

Pada foto itu, tampak layar HP ada bercak berwarna ungu yang menyebar di seluruh bagian. Beberapa pengguna lain pun cukup banyak menimpali twit di atas dengan menceritakan pengalaman atas masalah yang serupa.

Dari ramainya pembicaraan ini, sebenarnya kenapa layar HP bisa berwarna ungu? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab layar HP berwarna ungu yang tengah ramai dibicarakan di Twitter.

Penyebab layar HP berwarna ungu

Dikutip dari Techinpages, layar HP bisa berwarna ungu mengindikasikan telah terjadi kerusakan di komponennya. Kerusakan tersebut berupa layar retak di bagian dalam dan cairan (liquid) pada panel merembes ke permukaan.

Cairan yang merembes akhirnya membuat panel layar berwarna ungu. Keretakan layar di bagian dalam dan membuat cairannya merembes itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum, penyebabnya adalah layar HP sering mendapat tekanan.

Baca juga: Viral di TikTok, Begini Cara Membuat Video Moon Phase Tanggal Lahir Sendiri dan Pasangan

Misalnya, seperti HP yang sering dijatuhkan oleh pengguna. Saat terjatuh, layar HP mungkin luarnya tidak tampak mengalami retakan. Tapi, komponen dalamnya bisa saja terganggu atau mengalami keretakan sehingga cairan merembes.

Selain karena sering terjatuh, keretakan komponen di dalam layar yang menimbulkan rembesan cairan juga bisa diakibatkan oleh tindihan. Contohnya, seperti HP yang diduduki oleh pengguna.

Atau bisa juga, HP di kasur yang tertindih pengguna saat tidur. Kedua aktivitas tersebut bisa menimbulkan tekanan pada HP sehingga membuat komponen dalamnya retak dan cairan merembes ke panel. Alhasil, layar HP ungu bisa terjadi.

Ketika layar HP ungu terjadi, tidak ada solusi selain menggantinya dengan yang baru. Layar HP yang berubah jadi berwarna ungu, lama-lama mungkin bakal tidak bisa disentuh lagi sama sekali. Sentuhan layar juga akan terganggu.

Jadi, sebaiknya apabila mengalami masalah layar HP ungu, segeralah ke tukang servis untuk diganti dengan yang baru. Jika telah diganti dan normal kembali, sebisa mungkin hindarkan layar HP dari tekanan yang berlebih, seperti menjatuhkan atau menindihnya.

Baca juga: Viral Mantra Harry Potter “Lumos” Bisa Menyalakan Flash HP, Begini Caranya

Demikianlah penjelasan seputar penyebab layar HP berwarna ungu secara tiba-tiba seperti yang tengah ramai dibicarakan di Twitter, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.