Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AnTuTu: Smartphone RAM 12 GB dan Memori 512 GB Kian Populer

Kompas.com - Diperbarui 18/01/2023, 06:46 WIB

KOMPAS.com - Smartphone dengan RAM besar hingga 12 GB makin populer di pasar ponsel Android. Setidaknya demikian laporan tren yang diungkapkan oleh platform benchmark Antutu.

Dalam laporan itu, AnTuTu merangkum daftar preferensi pengguna terkait ponsel Android untuk kuartal IV-2022. Daftar itu mencakup aspek layar, RAM, prosesor hingga versi Android.

Nah, untuk RAM dan memori, AnTuTu menyebut fitur-fitur premium seperti RAM 12 GB hingga memori internal 512 GB, kian populer di semua model ponsel. Padahal, sebelumnya fitur-fitur itu hanya tersedia pada ponsel high-end atau flagship yang dibanderol dengan harga mahal.

Bila dibandingkan dengan laporan pada kuartal III-2022, popularitas ponsel dengan RAM 12 GB naik 2,5 persen. Adapun RAM 4, 6, dan 8 GB justru menunjukkan tren yang menurun. Tren lainnya terkait dengan RAM yaitu RAM 8 GB kini mulai banyak tersedia di ponsel kelas menengah maupun entry-level.

Baca juga: Begini Cara Menambah RAM HP Samsung, RAM 8 GB Bisa Jadi 16 GB

Selain dari aspek RAM, memori yang besar juga menunjukkan tren yang meningkat di antara pengguna ponsel. Secara umum, memori yang paling banyak dipilih pengguna pada kuartal IV-2022 adalah 128 GB dan 256 GB. Akan tetapi persentasenya turun dibanding kuartal III di tahun yang sama.

Yang menarik, ponsel dengan memori internal 512 GB justru kian populer dibanding kuartal sebelumnya dengan peningkatan 4,2 persen, menjadi 11,5 persen.

Layar 6,7 inci masih populer

Pada aspek layar, layar 6,7 inci masih unggul dibanding opsi ukuran layar lainnya dengan persentase 32,4 persen. Pilihan kedua yaitu layar berukuran 6,6 inci (23 persen), disusul layar 6,8 inci (13,7 persen).

Bila diakumulasikan, gabungan dari persentase ketiga hasil itu adalah 69,1 persen. Data ini menunjukkan bahwa pengguna Android lebih suka layar berukuran sedang, ketimbang layar yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran di atas.

Adapun resolusi layar yang paling umum dipakai adalah Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel).

Sementara itu refresh rate layar yang paling populer adalah 60 Hz, meskipun refresh rate 120 Hz juga sudah umum dipasang di banyak ponsel. Menurut laporan AnTuTu, 48 persen ponsel Android yang ada di pasaran masih menggunakan refresh rate 60 Hz.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.