Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Jaringan Indosat Lemot padahal Kuota Internet Masih Banyak? Ini 4 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/01/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Masalah koneksi internet atau jaringan lemot bisa terjadi di semua kartu operator seluler, tak terkecuali Indosat. Bahkan, meski pengguna masih punya kuota internet, masalah jaringan Indosat lemot pun tetap dapat berpotensi terjadi.

Idealnya, saat masih memiliki kuota, pengguna bisa mengakses internet lewat jaringan Indosat dengan kecepatan optimal. Lantas, kenapa jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak?

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Indosat via Kode UMB dengan Mudah

Terdapat beberapa faktor yang jadi penyebab jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak. Salah satunya, pengguna berada di lokasi yang sulit terjangkau sinyal. Lokasi itu seperti ruangan atau gedung tertutup yang banyak dindingnya.

Selain itu, penyebab jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak juga bisa diakibatkan oleh bug atau gangguan pada ponsel. Kemudian, masalah ini bisa terjadi pula karena situs web atau aplikasi online yang hendak dituju sedang mengalami gangguan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jaringan Indosat yang lemot padahal kuota masih banyak? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengatasi jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak.

Cara mengatasi jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak

1. Pindah ke area terbuka yang terjangkau sinyal

Bila saat ini sedang berada di gedung atau ruangan tertutup, cara mengatasi jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak bisa dilakukan dengan berpindah ke area yang lebih terbuka, sehingga sinyal dapat dijangkau ponsel dengan baik.

2. Restart jaringan ponsel

Kedua, pengguna juga bisa memuat ulang atau restart jaringan Indosat di ponsel. Untuk restart jaringan, caranya aktifkan mode pesawat selama sekitar 10-20 detik. Kemudian, matikan mode pesawat untuk mulai menghubungkan kembali jaringan Indosat di ponsel.

3. Restart ponsel

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan restart ponsel. Untuk restart ponsel, caranya tekan tombol power off hingga ponsel mati. Tunggu sekitar 20 detik lalu nyalakan ponsel kembali.

Cara ini cukup berguna untuk menyegarkan kembali sistem ponsel dari bug yang kemungkinan bisa mengganggu akses koneksi internet dari jaringan seluler.

4. Cek gangguan pada website dan aplikasi online

Dikutip dari laman resmi Indosat, untuk cara mengatasi jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak berikutnya, bisa juga dilakukan dengan memeriksa atau cek gangguan pada website dan aplikasi online yang hendak dituju.

Saat terjadi gangguan, website dan aplikasi online biasanya bakal lebih sulit buat diakses meski pengguna memiliki kuota internet.

Sebab itu, seandainya mengalami masalah jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak, cobalah dulu untuk membuka website atau aplikasi lain.

Bila situs web atau aplikasi online lain bisa dibuka, berarti website atau aplikasi online yang sebelumnya hendak diakses menggunakan jaringan Indosat kemungkinan besar mengalami gangguan.

Baca juga: Cara Setting APN Indosat dengan Mudah buat Akses Internet di HP

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi jaringan Indosat lemot padahal kuota masih banyak. Jika telah melakukan cara di atas tetapi masalah tetap terjadi, silakan hubungi Call Center Indosat di nomor “185” (tanpa tanda kutip).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com