Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti “Guilt Tripping”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos

Kompas.com - Diperbarui 20/02/2023, 08:49 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di medsos (media sosial), seperti TikTok, Instagram, atau Twitter, tak terhitung lagi jumlahnya. Di antara beraneka macam bahasa gaul di medsos, ada salah satu yang sering digunakan, yakni kata “guilt tripping”.

Baca juga: Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata Maskara atau “Mascara” yang Tengah Viral di TikTok

Kata guilt tripping biasa dipakai di medsos buat mendefinisikan atau menyebut sesuatu tindakan tertentu. Misalnya, bisa dilihat lewat salah satu unggahan twit dari akun base dengan handle @convomfs sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengirim menanyakan terkait sebuah tindakan apakah bisa diasosiasikan sebagai guilt tripping. Selain akun @convomfs, terdapat pula akun dengan handle @smellofpoetry yang juga memakai kata guilt tripping untuk menyebut suatu tindakan.

Dalam twit yang tertera di bawah ini, @smellofpoetry menulis kata guilt tripping sebagai keahlian yang dimiliki seseorang.

Di luar kedua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi akun yang menggunakan kata guilt tripping untuk menyebut tindakan tertentu. Lantas, sebenarnya apa maksud guilt tripping sebagai salah satu bahasa gaul yang kerap dipakai di medsos?

Baca juga: Arti Kata “The Sunset is Beautiful Isn’t It” yang Banyak Dipakai Anak Twitter

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti guilt tripping yang sering dipakai di medsos, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Arti guilt tripping

Guilt tripping atau guilt-trip merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, sebagai kata kerja, istilah guilt tripping artinya adalah upaya yang menyebabkan orang lain merasa bersalah.

Atau, arti guilt tripping bisa juga sebagai upaya untuk memanipulasi perilaku seseorang dengan menimbulkan perasaan bersalah. Bila dipakai sebagai kata benda, guilt trip artinya dapat sebagai perasaan bersalah yang ditimbulkan oleh tindakan orang lain.

Arti guilt tripping sebagai upaya membuat orang lain merasa bersalah inilah yang sering digunakan warganet di medsos. Sesuatu tindakan yang dimaksud ketika kata ini digunakan adalah upaya membuat perasaan bersalah.

Jadi, bila ada pengguna yang memakai kata ini di medsos, itu berarti mereka sedang ingin menyebut terdapat suatu tindakan atau upaya dari orang lain yang bisa membuatnya merasa bersalah.

Baca juga: Arti Kata “Unhinged”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos Belakangan

Kata ini sering dipakai di medsos untuk menerangkan sebuah tindakan dalam situasi konflik atau perseteruan. Tindakan dari pihak yang melakukan upaya manipulatif dengan membuat lawannya merasa bersalah bakal disebut sebagai guilt tripping.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti guilt tripping sebagai bahasa gaul di medsos yang sering digunakan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com