Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia XR21 Meluncur, HP Tangguh Bisa Dibawa Menyelam

Kompas.com - 04/05/2023, 08:43 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - HMD Global, selaku pemegang lisensi smartphone Nokia, meluncurkan ponsel terbarunya yang diklaim tangguh, yakni Nokia XR21 ke pasar Eropa.

Smartphone tersebut dikatakan tangguh karena sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa perangkat sudah lolos setidaknya 29 tes militer tingkat tinggi dengan akurasi dengan kekuatan (ruggedness) tertentu.

Sedikit gambaran, rangkaian tes yang diuji adalah menguji ketahanan perangkat terhadap air, guncangan atau getaran, cuaca ekstrem, tekanan tinggi dan rendah, suhu panas dan dingin, ketinggian tertentu, semprotan garam, debu, dijatuhkan dari ketinggian 1 meter tanpa pelindung, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Samsung Luncurkan Tablet Tangguh Galaxy Tab Active4 Pro

Selain mengunggulkan ketangguhannya, Nokia XR21 juga sudah mengantongi sertifikasi tahan air dan debu yang tinggi, yakni IP69K. Embel-embel “9K” di belakang sertifikasi mengartikan bahwa smartphone dapat tahan suhu tinggi, tekanan tinggi, dan semprotan jarak dekat.

Ponsel dengan IP69K juga berarti sudah tahan debu dan air sepenuhnya, hingga kedalaman lebih dari 3 meter selama 1 jam, sehingga benar-benar bisa digunakan untuk berenang dan menyelam.

Selain itu, ponsel dengan IP69K juga bisa digunakan untuk industri di mana sanitasi menjadi perhatian utama, seperti pemrosesan makanan dan farmasi.

Spesifikasi Nokia XR21

Dari segi tampilan, Nokia XR21 datang dengan desain dan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan smartphone Android kebanyakan. Perangkat datang dengan layar datar dan sudut membulat (rounded) di setiap sisinya.

Ukuran bodinya adalah 168 mm (tinggi), 78,58 mm (lebar), 10,45 mm (ketebalan) dan bobot 231 gram. Varian warna yang ditawarkan adalah Midnight Black dan Pine Green.

Ilustrasi kamera belakang Nokia XR21Nokia Ilustrasi kamera belakang Nokia XR21

Nokia XR21 mengusung layar IPS LCD seluas 6,49 inci, menawarkan resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 120 Hz. Layar tersebut sudah dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass Victus generasi pertama.

Baca juga: Uji Jatuh iPhone 13 Vs Nokia 3310, Siapa Lebih Tangguh?

Pengguna yang tengah memakai sarung tangan atau kondisi tangannya sedang basah diklaim dapat tetap mengakses layar Nokia XR21, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (4/5/2023).

Masih soal layar, Nokia XR21 dihiasi poni berlubang alias punch hole di atas tengah layar sebagai “rumah” dari kamera depan 16 MP (f/2.5). Sementara itu, konfigurasi kamera belakangnya adalah kamera utama 64 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2).

Kedua kamera dibenamkan dalam modul persegi panjang yang sedikit menonjol dan diposisikan secara vertikal bersamaan dengan lampu kilat LED. Terdapat logo “Nokia” yang tertulis di bagian tengah punggung.

Di atas kertas, ponsel baru bikinan Nokia ini mengandalkan chipset bikinan Qualcomm, Snapdragon 695 SoC (System-on-Chip). Chipset dipadu dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan seluas 128 GB.

Soal daya, Nokia XR21 ditopang baterai berkapasitas 4.800mAH dengan fast charging 33 watt. Baterai perangkat disebut dapat bertahan selama dua hari.

Baca juga: Mengenal Angka-angka Rating IP di Smartphone Masa Kini

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 12 yang dijanjikan bakal mendapat pembaruan (update) keamanan bulanan dan tiga kali peningkatan OS.

Fitur pendukung lainnya mencakup konektivitas Bluetooth 5.1, Wi-Fi 802.11, USB-C, GPS, jaringan 4G, nano-SIM, dan pemindai sidik jari (fingerprint) yang terletak di samping perangkat.

Harga Nokia XR21

Nokia XR21 dibanderol seharga 499 poundsterling di Inggris. Jumlah itu setara Rp 9,2 jutaan (kurs hari ini Rp 18.478).

Belum diketahui apakah perangkat ini nantinya juga bakal dijual di pasar Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com