Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatbot AI Bing Akhirnya Bisa Dicoba Semua Pengguna Tanpa Antre, Ini Caranya

Kompas.com - 05/05/2023, 10:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya menepati janji. Mulai hari ini, Jumat (5/5/2023), chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di mesin pencarian (search engine) Bing bisa dicoba oleh semua pengguna, tanpa perlu antre lagi.

Sebelumnya, ketika dirilis perdana pada Februari lalu, pengguna perlu mendaftarkan diri di daftar tunggu alias waitlist untuk kebagian giliran menjajal chatbot AI Bing.

Dengan akses terbuka ini, pengguna bisa menjajal chatbot AI yang ditenagai program AI language model terbaru OpenAI, yaitu GPT-4. GPT-4 disebut lebih pintar ketimbang ChatGPT yang masih menggunakan model bahasa GPT-3.5.

Baca juga: Chatbot AI Google Bard dan Bing Kompak, Sama-sama Salah Informasi

Lantas, bagaimana cara mencoba fitur chatbot AI di Bing?

Jendela pemberitahuan bahwa chatbot AI Bing sekarang tersedia untuk semua pengguna. Pengguna tinggal membuka browser Microsoft Edge.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Jendela pemberitahuan bahwa chatbot AI Bing sekarang tersedia untuk semua pengguna. Pengguna tinggal membuka browser Microsoft Edge.
Untuk mencobanya, pengguna bisa mengakses di URL www.bing.com/new, lalu klik "Open in Microsoft Edge". Atau pengguna bisa langsung membuka browser Microsoft Edge yang ada secara bawaan di PC Windows.

Nantinya, pengguna akan disambut dengan jendela pemberitahuan baru soal ketersediaan chatbot AI Bing untuk semua pengguna.

Selengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencoba chatbot AI di Bing:

Tangkapan layar chatbot AI Bing bisa dicoba semua pengguna, tanpa antre lagi. Jawaban chatbot AI Bing bisa disalin dan dibagikan.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar chatbot AI Bing bisa dicoba semua pengguna, tanpa antre lagi. Jawaban chatbot AI Bing bisa disalin dan dibagikan.

  • Buka browser Microsoft Edge.
  • Klik kolom "Cari di web".
  • Masukkan keyword pencarian
  • Klik "Mulai" di samping keterangan "Hai, saya Bing. Copilot yang didukung AI untuk web".
  • Pengguna akan dialihkan ke jendela "Chat".
  • Ada tiga mode percakapan yang bisa dipilih, yaitu "More Creative", "More Balanced", dan "More Precise". Pilih sesuai keinginan pengguna.
  • Selanjutnya, di kolom "Ask me anything", masukkan perintah/pertanyaan dalam bahasa Indonesia atau Inggris.
  • Hasil jawaban chatbot AI Bing bisa disalin serta dibagikan.
  • Klik ikon sapu atau "New topic" untuk membuka jendela chatbot AI Bing yang baru.

Baca juga: Hasil Pencarian AI Bing Bisa Diunggah Tanpa Perlu Screenshot

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Microsoft sekarang juga menambahkan lebih banyak fitur pintar ke Bing Chat, termasuk hasil gambar dan video, fitur Bing dan Edge Actions baru, obrolan dan riwayat percakapan yang bersinambung, dan dukungan plug-in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com