Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Aplikasi yang Dipakai Pengguna Smartphone?

Kompas.com - 16/05/2023, 19:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Berapa aplikasi yang terinstal di smartphone Anda? Selain aplikasi bawaan, pengguna smartphone akan mengunduh lebih banyak aplikasi sesuai kebutuhan mereka seiring waktu.

Menurut hasil survei dari Bitkom, yakni lembaga asosiasi industri dan telekomunikasi asal Jerman, penggunaan aplikasi di smartphone bisa berbeda-beda bergantung usia.

Survei ini melibatkan 1.004 responden yang berusia 16 tahun ke atas di Jerman, termasuk 780 pengguna smartphone. Secara umum, rata-rata pengguna smartphone menggunakan 31 aplikasi, selain aplikasi bawaan.

Jumlah ini meningkat dari survei yang sama tahun lalu, di mana aplikasi yang digunakan rata-rata pengguna smartphone di Jerman sekitar 25 aplikasi. Peningkatannya sekitar 24 persen.

Di kalangan pengguna usia muda, penggunaan aplikasi di smartphone disebut lebih tinggi dibanding pengguna yang lebih tua.

Baca juga: 20 Aplikasi di Smartphone yang Paling Boros Baterai

Pengguna berusia 16 hingga 29 tahun mengunduh rata-rata 42 aplikasi di ponsel pintarnya, sementara jumlah ini terus menurun seiring bertambahnya usia.

Penggunaan aplikasi yang lebih banyak di kalangan pengguna muda, kemungkinan berkaitan dengan kecenderungan mereka untuk memahami dan mengadopsi teknologi baru, berbeda dengan pengguna yang berusia lebih tua.

Pengguna usia 65 tahun disebut memiliki rata-rata 19 aplikasi atau bahkan kurang dari setengah aplikasi yang digunakan pengguna muda.

Laporan yang sama juga merinci persentase penggunaan aplikasi secara umum, tanpa menyebut usia. Disebutkan bahwa hanya 8 persen pengguna smartphone yang menginstal kurang dari 10 aplikasi di perangkatnya.

Sementara itu, 17 persen orang menggunakan 10-20 aplikasi, 20 orang menggunakan hingga 30 aplikasi, dan 22 persen orang menggunakan 30-50 aplikasi.

Selain soal jumlah aplikasi yang digunakan, survei Bitkom juga menanyakan apa saja aplikasi yang digunakan oleh responden.

Hasilnya, ditemukan bahwa aplikasi yang populer adalah media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Tidak hanya itu, aplikasi perpesanan instan lainnya, aplikasi e-mail, serta aplikasi navigasi juga dimanfaatkan oleh responden.

Karena survei dilakukan untuk pengguna smartphone di Jerman, kemungkinan hasilnya bisa berbeda di negara lain.

Alasan pengguna hanya menggunakan sejumlah aplikasi

Ada beberapa alasan yang membuat pengguna smartphone terus-menerus menginstal aplikasi di perangkatnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Giz China, Selasa (16/5/2023).

Halaman:
Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com