Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Redmi Pad SE, Tablet Terjangkau untuk Produktivitas dan Hiburan

Kompas.com - Diperbarui 02/10/2023, 11:29 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi meluncurkan tablet terbarunya, Redmi Pad SE di pasar Indonesia pada awal September lalu.

Harga Redmi Pad SE di Indonesia dibanderol seharga Rp 1,9 juta untuk satu-satunya varian yang tersedia, yakni kombinasi RAM dan media penyimpanan (storage) 4/128 GB.

KompasTekno berkesempatan untuk menjajal Redmi Pad SE varian warna Graphite Gray. Tablet ini kami gunakan untuk aktivitas sehari-hari dan gaming selama kurang lebih satu bulan.

Setelah menggunakan tablet ini dalam periode waktu tersebut, kami menemukan sejumlah kelebihan dan kekurangan Redmi Pad SE.

Apa saja kelebihan dan kekurangan tablet Xiaomi Redmi Pad SE ini?

Desain ringkas dan enak dibawa

Tablet terbaru Xiaomi memiliki dimensi 255,53 x 167,08 mm x 7,36 mm. Redmi Pad SE memiliki bobot 478 gram sehingga ringan untuk dibawa, bahkan ketika menggunakan satu tangan.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tablet terbaru Xiaomi memiliki dimensi 255,53 x 167,08 mm x 7,36 mm. Redmi Pad SE memiliki bobot 478 gram sehingga ringan untuk dibawa, bahkan ketika menggunakan satu tangan.
Sebuah tablet idealnya mudah untuk dibawa bepergian, sehingga dapat menyokong produktivitas pengguna atau menjadi "sarana hiburan” di mana pun pengguna berada.

Menurut kami, Redmi Pad SE sudah memenuhi syarat “mudah dibawa”. Hal ini dikarenakan tablet ini memiliki dimensi 255,53 x 167,08 mm x 7,36 mm, dan bobot 478 gram.

Baca juga: Tablet Xiaomi Redmi Pad SE: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Dengan ketebalan dan bobot seperti itu, Redmi Pad SE juga bisa digenggam dengan nyaman menggunakan satu tangan.

Adapun penggunaan satu tangan cocok saat mengoperasikan tablet dalam posisi vertikal atau portrait. Ketika digunakan dalam posisi horizontal atau landscape, akan lebih nyaman jika menggunakan dua tangan.

Xiaomi Redmi Pad SE tampaknya memang didesain untuk digunakan dalam posisi horizontal atau landscape. Hal ini terlihat dari posisi kamera depan yang berada di tengah jika tablet digunakan dalam posisi landscape, mirip sebuah webcam di laptop.

Melirik desainnya, Redmi Pad SE dirancang dengan bahan paduan aluminium, sehingga tampak kokoh. Tablet tidak terasa licin ketika dipegang, tetapi pengguna tentunya harus berhati-hati untuk tidak menjatuhkan tablet.

Layar luas untuk nonton video

Redmi Pad SE mengusung layar 11 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.920 x 1.200 piksel) dan dukungan 16,7 juta warna. Layar ini sangat cocok digunakan untuk menonton video YouTube atau Netflix-anKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Redmi Pad SE mengusung layar 11 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.920 x 1.200 piksel) dan dukungan 16,7 juta warna. Layar ini sangat cocok digunakan untuk menonton video YouTube atau Netflix-an
Kami merasa bahwa Redmi Pad SE sangat cocok digunakan pengguna yang suka menonton video YouTube atau “Netflix-an”.

Hal ini dikarenakan tablet anyar tersebut mengusung layar luas 11 inci, dengan resolusi Full HD Plus (1.920 x 1.200 piksel).

Dengan begitu, pengguna bisa menikmati kualitas visual yang tajam.

Layar Redmi Pad SE juga didukung dengan refresh rate hingga 90 Hz. Jadi, pengalaman menggeser layar, perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, dan gaming menjadi lebih mulus.

Sehubungan dengan itu, Xiaomi juga sudah menyiapkan beragam fitur gestur yang mempermudah pengalaman pengguna, ketika menggeser layar atau berpindah ke aplikasi lainnya.

Pengguna bisa melakukan swipe up dari bawah layar (baik saat tablet dalam posisi vertikal maupun horizontal) untuk mengakses home screen.

Baca juga: Harga Tablet Oppo Pad Air Terbaru September 2023 dan Spesifikasinya

Berikutnya, pengguna bisa kembali ke jendela sebelumnya (back) dengan melakukan swipe dari pinggir layar ke tengah. Ada pula kombinasi swipe up dan menahan jari (hold) untuk melihat daftar aplikasi yang sedang aktif.

Nah ketika menggeser atau menyentuh layar, pastikan pengguna tidak menekannya terlalu keras, karena hal tersebut akan meninggalkan noda atau sidik jari.

Selanjutnya, panel Redmi Pad SE mempunyai dukungan 16,7 juta warna, kerapatan piksel 270 ppi, rasio layar ke bodi 84,4 persen, touch sampling rate 180 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 400 nits.

Dengan tingkat kecerahan seperti itu, pengguna tetap bisa melihat layar dengan nyaman, meski dibawah terik sinar matahari.

Fitur lainnya, tablet memiliki mode membaca alias “Reading Mode”, yang menyesuaikan warna dan tekstur layar sehingga nyaman di mata.

Redmi Pad SE memiliki mode membaca alias ?Reading Mode?, yang menyesuaikan warna dan tekstur layar sehingga nyaman di mata.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Redmi Pad SE memiliki mode membaca alias ?Reading Mode?, yang menyesuaikan warna dan tekstur layar sehingga nyaman di mata.
Mode ini dibagi menjadi dua opsi, yaitu “Classic” yang mengubah warna layar menjadi oranye yang lebih hangat, dan “Paper” yang kurang lebih sama, tetapi juga menambahkan tekstur kertas di layar.

Dukungan Dolby Atmos

Dalam orientasi horizontal, pengguna bisa melihat dua speaker  pada sisi kiri tablet, dan dua speaker pada sisi kanan. Keempat speaker ini mendukung teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio untuk menghasilkan audio yang imersif,KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Dalam orientasi horizontal, pengguna bisa melihat dua speaker pada sisi kiri tablet, dan dua speaker pada sisi kanan. Keempat speaker ini mendukung teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio untuk menghasilkan audio yang imersif,
Untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih baik, Xiaomi menghadirkan empat speaker (quad) berteknologi Dolby Atmos.

Speaker ini ditempatkan di bagian kiri dan kanan tablet (dalam orientasi horizontal atau laundscape).

Impresi kami, audio yang dihasilkan speaker ini keras dan jerih. Penempatan speaker di kiri dan kanan tablet menghasilkan audio surround, sehingga pengalaman menonton video atau film menjadi lebih seru.

Selain speaker, tablet ini juga dibekali dengan port USB-C dan jack audio 3,5 mm di bagian bawah. Kemudian pada bagian kiri, terdapat tombol power.

Sementara itu, bagian kanan tablet diramaikan oleh tombol volume dan laci untuk kartu microSD. Pengguna bisa memasangkan kartu microSD hingga 1 TB.

Laci tidak memiliki slot untuk kartu SIM, sehingga konektivitas yang digunakan hanya terbatas pada Wi-Fi dan koneksi hotspot melalui smartphone atau gadget lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com